https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg2k6DIKnwAncQ_ofcrMwsB0aoNxN_fUgTHGMwNBYvUFGWRj0wMt0QwfuHqPPI0pQV2E6EWgIZKE3cNsibRril6t-CPqet4na6a9hPVQ-miIa1SwmdpHxxCZT53V3rOW_Yv6bH6iic7ea64zyfbgBBW7mw6MJsoYxnp0K0E1SIZKC_e0aLm7kjl9wMF=s900

Prinsip Kunci dalam Manajemen Logistik

Prinsip Kunci dalam Manajemen Logistik

Logistik merupakan suatu baranng yang dibutuhkan agar suatu kegiatan dapat berjalan dengan lancar, untuk menjadi seksi logistic yang baik anda harus memahami ilmu dari manajemen logistic yaitu kemampuan untuk mengelolah barang melalui tindakan tindakan perencanaan dan penetapan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan dan, penghapusan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.

Dalam buku managemn logistic, Bowersox mengungkapkan definisi dari manajemen logistik mengacu pada pengerian logistic yaitu proses pengolahan strategis pada pengelolaan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan strategis barang, suku cadang, dan barang dari para supplier diantaar fasilitas-fasilitas perusahaan dan kepada para pelanggan.

Setelah mengetahui logistic tersebut maka anda dapat simpulkan bahwa tugas manajemen logistic tersebut bertugas dalam menagtur agar perencanaan dalam penempatan fasilitas-fasilitas perusahaan ataupun fasilitas-fasilitas pelanggan berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan berbagai masalah, namun jika masalah muncul di harapkan seorang manajer bisa mengidentifikasi permasalahan yang muncul dan mengambil solusi yang tepat untuk menyelasaikannya.

Setelah mendapati solusi maka seorang manajer harus mampu mengawasi dan mengevaluasi agar rencana dapat berjalan dengan baik dan tidak berubah ke jalur yang salah.

Adapun 7 fungsi dari manajemen logistic sendiri meliputi:

1) Manajemen Logistik sebagai fungsi perencanaan dan penentuan kebutuhan

Disini seorang manajer melakukann poerencanaan dan penentuan kebutuhan dari suatu kegiatan, sebagai contoh dalam suatu perusahaan mengadakan suatu acara dimana seorang manajer logistic harus melakukan perencanaan mengenai barang atau benda apa saja yang di butuhkan untuk mendukung acara tersebut, lalu setelah mempunyai perencanaan manajer mulai menentukan barang mana yang benar-benar di butuhkan untuk sarana pendukung pada suatu acara.

Dalam membuat penentuan benda benda seoprang manajer harus mampu menyesuaikannya dengan anggaran dan perhitungan lainnya.

2) Manajemen Logistik sebagai fungsi penganggaran

Nah barang barang yang telah di tentukan sebagai benda yang di butuhkan dalam acara tersebut seorang manajer harus mampu melakukan perhitungan terhadap benda tersebut anggarkan jumlah pengeluaran yang di butuhkan buat semuanya sesuai dengan anggaran dan lakukan perubahaan jika anggaran tidak sesuai dengan keperluan.

3) Manajemen Logistik sebagai fungsi pengadaan

Jika anggaran tidak sesuai dengan jumlah kebutuhan namun tidak ada jalan keluar lain untuk menyelesaikan hal ini, maka seorang manajer harus melakukan pengadaan dimana ia harus berfikirt kreatif dan melakukan sesuatu agar kegiatan dapat tetap berlangsung dengan baik dengan anggaran yang di sediakan dalam hal ini anda dapat lakukan pencarian sponsor yang bisa membantu mendukung acara dan lain sebagainya.

4) Manajemen Logistik sebagai fungsi penyimpanan dan penyaluran

Disini seorang manajer bertugas untuk menyimpan sebaik-baiknya barang-barang yang telah di kumpulkan dan setelah itu disalurkan kepada seksi bidang yang lainnya atau panitia lain yang membutuhkan benda tersebut.

5) Manajemen Logistik sebagai fungsi pemeliharaan

Seorang manajer harus bisa memelihara barang baik yang sudah di pakai dalam berbagai kegiatan maupunyang belum di pakai atau akan di pakai dalam suatu acara, apalagi jika diantara barang-barang tersebut ada barang pinjaman dimana barang tersebut harus dikembalikan dalam kedaan masih bagus seperti asal peminjamannya.

6) Manajemen Logistik sebagai fungsi penghapusan

Jika terjadi kerusakan pada barang inventaris maka manger logistic harus mampu menghapus kerusakaan tersebut bagaimanapun caranya, baik itu dengan membeli ulang bahan serupa ataupun dengan menggantinya dengan barang lain.

7) Manajemen Logistik sebagai fungsi pengendalian.

Inilah fungsi yang paling penting dimana seorang manajer harus senantiasa mengendalikan semua fungsi diatas dengan baik.

Adapun ilustrasi yang bisa membuat anda lebih memahami manajemen logistic beserta tujuh fungsi yang telah dijelaskan diatas, dalam sebuh perusahaan akan mengadakan acara dimana acara itu diharapkan akan berlangsung secara meriah seluruh karyawan diminta untuk menjadi panitia penyelenggara dalam acara tersebut, karyawan itu terbagi dalam beberapa seksi seperti seksi dokumentasi, seksi konsumsi, seksi dekorasi, seksi acara, seksi keamanan, seksi kebersihan, seksi P3K, dan juga seksi logistic yang bertanggung jawab untuk menyiapkan sarana yang di perlukan oleh seksi panitia lainnya.

Disinilah manajemen logistic di perlukan pada tahap pertama logistic menentukan perencanaan mengenai barang apa saja yang di perlukan oleh seluruh panitia dalam menjalankan tugasnya, adapun panitia tiap seksi memberikan data berupa barang apa saja yang di perlukan seperti pada seksi dekorasi membutuhkan paku, tirai, hiasan dinding, poto, panggung, kursi tamu, dan lain sebagainya.

Setelah itu manajer melakukan penentuan dimana mereka dapat memilih barang apa saja yang benar benar di butuhkan dan barang mana yang tidak begitu penting.

Setelah itu logistic melakukan penganggaran atas permintaan barang kebutuhan panitia yang telah ia sortir anggaran di berikan kepada bendahara, setelah dana cair logistic melakukan pengadaan dimana ia harus membeli dan menyediakan berbagai barang yang telah menjadi kebutuhan para panitia.

Lalu setelah barang ada logistic menyimpannya dan membagikannya kepada panitia sesuai dengan barang yang di butuhkan oleh panitia tersebut, setelah itu logistic wajib memelihara barang yang telah menjadi barang-barang inventaris perusahaan jika sesuatu terjadi pada barang tersebut logistic melakukan penghapusan dimana ia bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi jika semuanya telah beres jika acara telah terlaksana dengan baik maka langkah selanjutnya logistic harus mengendalikan barang yang telah terpakai dengan baik supaya dapat digunakan lagi lain waktu. Begitulah ilustrasi dalam penggunaan ilmu manajemen industry dalam sebuah penyelenggaraan acara.



sumber : http://manajemenproduksi.com/prinsip-kunci-dalam-manajemen-logistik/

Posting Komentar

Produk Rak Minimarket

[Rak Minimarket][carousel1][#e74c3c]

Rak Gudang Harga Murah

[Rak Gudang][carousel1][#8e44ad]
Diberdayakan oleh Blogger.