CARA MEMBUKA USAHA MINIMARKET UNTUNG 100 JUTA

Cara Membuka Usaha Minimarket Untung 100 Juta - Usaha minimarket termasuk jenis usaha yang menjanjikan di jalankan di perkotaan maupun pedesaan. Beragam kebutuhan manusia sehari-hari seperti sabun, roti, susu, permen, telur, dll terdapat di minimarket. Pokoknya mininarket menyediakan beragam barang secara komplit dan lengkap dengan harga yang murah. Sehingga selalu laris manis dan dipadati para pembeli. Menurut penelitian, minimarket merupakan tempat pertama pilihan untuk berbelanja sehari-hari. Hal ini tak terlepas dari suasana minimarket yang bersih, harum, sejuk, santai, belanja sendiri, bebas menentukan dan mengambil barang sendiri, banyak program diskon menarik, dan suasana rileks disertai lantunan lagu.

9 CARA MEMBUKA USAHA MINIMARKET UNTUNG 100 JUTA

Bukan hanya orang dewasa yang menyukai belanja di mininarket tapi juga anak-anak. Namun sama seperti usaha kecil lainnya jika sobat mau memulai usaha minimarket harus menyediakan modal usaha minimarket rumahan atau pun mempersiapkan modal usaha minimarket mandiri. Hal ini tak terlepas dari sebuah usaha memerlukan modal usaha. Seperti bisnis minimarket di rumah yang memerlukan modal usaha untuk menyewa tempat strategis, merenovasi rumah jadi lokasi usaha minimarket, pembelian barang dan item, promosi, pajak dan surat ijin, menggaji karyawan, dan lain sebagainya. Bisnis usaha minimarket termasuk bisnis yang modalnya besar. Sehingga harus mempersiapkan modal yang besar untuk memulai usaha minimarket. Dengan memiliki modal yang mencukupi di atas ratusan juta rupiah maka seseorang akan tenang dalam membuka usaha mininarket di rumah maupun mandiri. 

1. Modal Usaha Minimarket Mandiri 

Namun ada cara yang lebih praktis dalam mengumpulkan modal usaha membuka minimarket. Seperti modal usaha minimarket dikumpulkan secara patungan. Hal ini seperti ide ibu Euis di daerah Tanjungkerta Sumedang yang ingin membuka usaha minimarket di daerahnya. Usaha minimarket di daerah Cipadung lumayan ramai. Maka ia ingin mendirikan bisnis minimarket di sebelah rumah. Tentu usaha minimarket akan ramai. Tandanya sudah jelas bahwa toko kelontongan di daerahnya sangat laku dan laris manis. Sehingga jika ada satu minimarket di sana maka masyarakat akan beralih berbelanja ke minimarket. Seperti sudah diketahui oleh umum bahwa usaha minimarket telah mematikan banyak usaha warung kecil dan toko kelontongan kecil. 
Jika anda tidak ingin ribet dalam cara pengelolaan minimarket maka ada cara yang lebih praktis yakni bergabung dengan usaha minimarket yang sudah mapan seperti indomaret, yomart, alfamart untuk menjadi mitra kerjasama atau membeli waralaba. Hal ini tentu akan lebih menyenangkan. Semua sistem sudah dikelola oleh waralaba pusat. Mitra hanya diharuskan menyiapkan modal usaha minimarket mandiri sebesar ratusan juta rupiah. Sedangkan uang sebesar itu mudah didapatkan dengan cara patungan bersama teman, saudara, orangtua, mertua, rekan kerja dll. Karena usaha minimarket tidak akan rugi dan tidak termasuk bisnis musim dan anti rugi. 

2. Bisnis Minimarket Tanpa Modal 

Akan tetapi ada yang lebih menarik dalam memulai membuka usaha minimarket yakni memulai bisnis minimarket tanpa modal. Caranya seperti disebutkan diatas yakni mengumpulkan uang dari sejumlah donatur seperti sahabat, saudara, sanak kerabat, investor, orangtua dan mertua, bahkan bisa pula meminjam uang ke bank. Nanti setoran pinjaman uang ke bank dibayarkan oleh hasil keuntungan usaha minimarket perbulan. Untuk memulai usaha minimarket tanpa modal harus memperhatikan modal usaha. Diwajibkan modal usaha tidak terlampau besar atau dikurangi. Misalnya membuka usaha minimarket bisa dijalankan di rumah asalkan letak rumah strategis berada di tengah pemukiman masyarakat yang padat penduduk dan di pinggir jalan. 
Seperti sudah diutarakan di atas jika anda termasuk orang praktis dan tak ingin ribet maka bisa bekerja sama dengan waralaba minimarket alfamart, yomart, indomaret untuk membuka usaha minimarket di daerah sobat. Mereka tentunya akan dengan senang hati bekerjasama dengan sobat menggunakan sistem win win solution. Usaha minimarket termasuk penghasilan pasif. Dalam arti pada saat kita tidur maka uang tetap mengalir disebabkan orang lain yang mengurusi bisnis minimarket. Dan usaha minimarket berjalan secara mandiri dan automatis tanpa harus kehadiran pemilik. Pendek kata, jika anda ingin membuka usaha minimarket yang sudah diwaralabakan maka bisa menghubungi kantor pusat waralaba setempat. Biasanya pada brosur belanja yang diberikan oleh waralaba minimarket dicantumkan nomor telepon bagi mitra usaha yang ingin bekerjasama menjadi mitra usaha waralaba minimarket ternama dan mapan. 
Adapun tata cara menjadi mitra usaha waralaba minimarket ternama antara lain mengajukan surat permintaan kerjasama menjadi mitra usaha, mengajukan proposal usaha, kelayakan usaba minimarket, mengajukan lokasi dan tempat usaha yang strategis sesuai yang diinginkan oleh waralaba minimarket pusat, menyiapkan karyawan serta menyiapkan modal usaha memulai bisnis minimarket. Setelah mengajukan semua itu yang termasuk dalam satu paket proposal usaha minimarket maka selanjutnya dikirimkan ke kantor waralaba pusat. Sobat tinggal menunggu respon mereka. Jika proposal kerjasama usaha minimarket sobat disetujui oleh waralaba pusat maka sobat dapat langsung mendirikan bisnis minimarket terkenal menguntungkan dengan sistem waralaba.  

3. Usaha Minimarket Sukses 

Sekarang ini di setiap kota dan daerah dapat dengan mudah kita temui usaha minimarket. Baik itu minimarket yang menggunakan sistem franchise maupun usaha minimarket modal kecil yang dijalankan secara rumahan dan mandiri. Adapun cara mendirikan minimarket mandiri dan rumahan sangat mudah dan tidak memerlukan modal besar. Asalkan rumah sobat berada di tempat strategis maka bisa disulap menjadi gerai usaha minimarket. Untuk pengadaan barang dan rak minimarket bisa bekerjasama dengan pihak supplair. 
Kelebihan usaha minimarket menggunakan sistem waralaba adalah pengoperasian usaha minimarket dijalankan olwh waralaba pusat. Termasuk pengadaan barang dan penataan barang serta stok barang atau penjualan barang semuanya sudah diatur dan dikelola oleh manajemen waralaba pusat yang berpengalaman. Sehingga mitra usaha hanya mengontrol saja sebab semuanya sudah dikelola.oleh tim waralaba pusat termasuk dalam masalah komisi dan penghasilan usaha minimarket yang menggunakan sistem persentase. 
Modal awal untuk membuka usaha minimarket sekitar ratusan juta rupiah ditambah lokasi usaha yang strategis. Lokasi bangunan minimarket disyaratkan seluas lima puluh meter persegi lebih hingga muat 20 rak minimarket. Untuk rak minimarket sendiri bisa didapatkan sejumlah toko online dan fiaik yang menjual rak minimarket. Dengan demikian semakin mudah membuka usaha minimarket mandiri dan mandiri. Minimarket identik dengan tempat belanja menyenangkan. Lalu apa bedanya dengan supermarket? Supermarket biasanya berada di pusat kota atau pinggir jalan utama di pusat kota. Sedangkan minimarket bisa dibuka di pemukiman padat penduduk, pinggir jalan desa, pinggir jalan utama dll yang target pasarnya adalah para pejalan kaki. 
Sehingga jika sobat mau mendirikan bisnis gerai minimarket di daerah sobat maka harus dipikirkan secara matang. Siapa pangsa pasarnya? Berapa banyak orang yang lalu lalang di sekitar lokasi usaha itu? Jika banyak orang yang lalu lalang di kawasan itu maka membuka usaha minimarket di lokasi itu sangat tepat dan menjanjikan untung besar. Resep berikutnya dalam merencanakan membuka usaha minimarket adalah membuka bisnis minimarket di tempat yang sangat gampang dijangkau oleh para pejalan kaki. Sehingga usaha minimarket bisa laris manis dan laku keras. Berikut ini sejumlah tempat yang strategis untuk mendirikan bisnis minimarket antara lain sekitar pusat pendidikan, dekat pusat perkantoran, di dalam atau didepan kompleks perumahan, pinggir jalan yang banyak orang lalu lalang dan lain sebagainya. 

4. Cara Membuka Minimarket Pribadi

Lalu bagaimana jika lokasi usaha minimarket yang strategis sulit didapat mengingat mahalnya harga sewa lokasi usaha? Maka alternatif yang mudah adalah membuka usaha minimarket secara pribadi di rumah sendiri. Luas lokasi usaha minimarket tidak harus besar. Bangunan kecil pun bisa dijadikan usaha minimarket modal kecil untung besar. Asalkan letak rumah berada di tempat strategis. Namun tetap, bangunan besar dan luas sangat bagus dijadikan tempat usaha minimarket. Kalau mendirikan minimarket di rumah pastinya rumah sobat mesti direnovasi lalu didesain semenarik mungkin menyerupai gerai minimarket yang mampu menarik banyak pengunjung. Seperti barang lengkap dan program diskon yang membedakan dari usaha minimarket milik para pesaing. 
Fasilitas lainnya yang harus disediakan gerai usaha minimarket adalah lahan parkir yang cukup memadai dan luas serta aman dan nyaman. Sehingga membuat betah pengunjung dan laris manis. Dan kalau bisa tarif parkir atau biaya parkir di depan minimarket dan sekitarnya gratis alias parkir gratis bagi pengunjung minimarket agar para konsumen tak segan membeli barang kebutuhan di minimarket sobat. Hal itu adalah sebagian pelayanan konsumen. Lalu didiklah petugas parkir agar bersikap ramah kepada para konsumen. Sehingga usaha minimarket sobat di jamin laku keras. Adapun petugas parkir minimarket bisa direkrut dari pemuda setempat yang masih menganggur atau berasal dari karang taruna yang digaji tetap oleh pemilik minimarket. 

5. Usaha Minimarket Di Desa

Suasana desa sangat jauh dari kota. Suasana desa penuh kekeluargaan. Namun jumlah penduduk desa sangat sedikit. Dengan jumlah rumah yang masih jarang. Di desa penulis ada sebuah usaha minimarket brand Yomart. Dan pelanggannya lumayan banyak dan laris manis. Satu-satunya minimarket di desa. Dan tentu saja laku keras. Menyusul kesuksesan usaha minimarket Yomart kemudian menyusul usaha minimarket alfamart yang tak jauh dari lokasi usaha minimarket Yomart. Sehingga prospek minimarket sangat cerah dijalankan di pedesaan. Apalagi sekarang ini pemerintah Indonesia konsisten mengucurkan dana desa mencapai triliunan rupiah untuk membangun daerah pedesaan. Pendek kata, pemerintah Indonesia hendak membangun desa menjadi kota di seluruh Indonesia. Dengan cara memperbaiki fasilitas jalan raya, air, listrik dll. 
Masyarakat desa masih sedikit sehingga pangsa pasar sangat sedikit apalagi daya beli masyarakat desa sangat rendah. Namun pengalaman membeli di minimarket lebih berkesan dan disukai kalangan anak-anak. Pengalaman berbelanja di minimarket sangat menyenangkan sehingga membuat mereka menjadi pelanggan setia. Mereka merasa berkelas dan bangga berbelanja di minimarket. Apalagi minimarket menyediakan barang yang komplit. Jadi, usaha minimarket di pedesaan sangat menjanjikan. Tidak ada kejadian sebuah usaha minimarket di desa bangkrut. Perlu diingat, tingkat persaingan usaha minimarket di desa sangat rendah. Sehingga peluang sukses lebih besar. 

6. Prospek Membuka Minimarket Di Kota 

Sementara itu, prospek memulai usaha minimarket di perkotaan tentu saja sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan penduduk kota sangat besar dan padat. Namun di perkotaan tingkat persaingan bisnis minimarket sangat besar. Sehingga rentan gulung tikar dan rugi. Sebuah usaha minimarket bisa laris manis suatu saat tapi berjalan waktu menjadi bangkrut karena adanya usaha sejenis. Gerai minimarket di kota bukan hanya berada di pinggir jalan utama tapi juga banyak berdiri di dalam kompleks perumahan dan pinggir jalan desa. Akan tetapi, perlu diingat pangsa pasar usaha minimarket adalah para pejalan kaki yang lalu lalang dan penduduk di sekitar. 
Sekarang gerai usaha minimarket telah berkembang menjadi lahan usaha yang menjanjikan sekali dengan potensi keuntungan hingga milyaran rupiah. Bisnis minimatket dikatakan bisnis yang cukup menjanjikan dan anti krisis non musiman karena kebutuhan manusia untuk berbelanja dilakukan.secara konsisten. Baik berbelanja setiap hari secara mendadak maupun mingguan dan bulanan. Pendek kata, jika anda sedang mencari peluang usaha yang tepat maka membuka minimarket mandiri merupakan pilihan yang sangat tepat. Karena usaha minimarket tidak pernah sepi pembeli. Dan kebutuhan sehari-hari seperti kuliner senantiasa dibutuhkan manusia selama masih hidup. 

7. Cara Usaha Minimarket Laris Manis 

Berikut ini tips dan cara agar usaha minimarket yang anda rintis bisa laris manis dan diserbu para pembeli yang berakibat pada peningkatan laba usaha. Pertama, sobat hendaknya memperhatikan lokasi tempat usaha. Seperti sebuah kata bijak yang menentukan mahal tidaknya sebuah properti adalah tempat dan tempat. Pilihlah lokasi usaha minimarket yang strategis dan mudah dijangkau oleh banyak orang. Sebab penulis pernah melihat sebuah minimarket yang gulung tikar disebabkan pemilihan lokasi yang sulit dijangkau orang dan letaknya jauh dari keramaian orang. Peranan lokasi usaha sangat menetukan keberhasilan bisnis minimarket sobat. Apalagi di tengah persaingan usaha minimarket yang sangat ketat membuat pemilihan lokasi usaha minimarket merupakan faktor utama sukses tidaknya usaha minimarket yang sobat bangun. Namun lokasi usaha minimarket yang strategis umumnya berada di pinggir jalan, berada dalam kompleks perumahan, dekat dengan pusat keramaian, dekat pusat pendidikan dan perkantoran dll. 
Hal lain yang perlu diperhatikan agar usaha minimarket laku keras banyak pengunjung adalah dengan memperhatikan para kompetitor. Tak jarang di sebuah kawasan telah banyak berdiri minimarket. Hal itu menunjukkan bahwa daerah itu sangat tepat berbisnis minimarket dimana pangsa pasar sudah jelas dan banyak target market ikan yang lapar. Dan kadangpula di suatu daerah jarang ada usaha minimarket karena pangsa pasar yang kecil dan buruk. Oleh sebab itu, usaha minimarket di desa dan kota tak terlepas dari persaingan yang terjadi. Maka sobat harus mempersiapkan dalam menghadapi persaingan. Supaya sobat berhasil dalam memenangkan persaingan usaha minimarket di daerah sobat tentunya. Hal ini dialami penulis tatkala membuka usaha pabrik penggilingan padi tak ada kompetitor. Namun kini di satu desa bisa ada puluhan pabrik penggilingan padi. 
Agar usaha minimarket sobat bisa laris manis dibandingkan usaha minimarket pesaing maka sobat harus mampu menarik banyak orang mengunjungi minimarket sobat. Caranya bisa dengan mengadakan program dskon besar-besaran, obral murah, hadiah langsung, door prize, acara hiburan, senam pagi, menyediakan taman bermain bagi anak-anak kecil, pemberian balon gratis dll. 

8. Cara Membuka Usaha Minimarket Untung 100 Juta

Cara berikutnya dalam manajemen minimarket adalah menjalin kerjasama dengan para supplier. Mereka alias para supplier sangat membutuhkan minimarket untuk mendongkrak penjualan mereka. Biasanya mereka akan mendatangi langsung usaha minimarket yang sobat bangun. Mereka akan menitipkan barang secara konsinyasi. Sehingga sama sama menguntungkan. Namun tidak sembarangan dalam memilih supplier. Anda hendaknya memilih supplier terpercaya, memilih distributor minimarket yang handal dan terpercaya dengan harga murah, dll. Usaha minimarket yang sobat bangun mesti memiliki perbedaan positif dari para pesaing. Misalnya harga yang jauh lebih murah dari pesaing walaupun seratus perak. Hal ini akan membuat usaha minimarket rumahan sobat laris manis. Ini tak terlepas dari kebiasaan manusia yang suka membicarakan kelebihan minimarket yang satu dengan yang lain. 
Tahapan membuka minimarket mandiri secara rumahan berikutnya adalah mengurus surat ijin membuka usaha minimarket. Hal ini sangat penting untuk mencegah hal yang tidak diinginkan di hari kemudian. Adapun biaya mengurus surat perijinan usaha tidak mahal dan termasuk biaya investasi. Dimana seorang pelaku usaha harus berani mengambil resiko dan menanggung resiko untung maupun rugi. Penulis pernah melihat sebuah usaha minimarket yang terpaksa tutup karena tidak mempunyai surat ijin usaha. Pengurusan ijin membuka minimarket harus dimulai sebelum minimarket berdiri. Untuk mendapatkan surat ijin usaha minimarket bisa mendatangi kantor perindustrian dan perdagangan, mendatangi rt dan rw setempat dll. 
Proses berikutnya dalam pengelolaan minimarket adalah merekrut karyawan yang handal dan professional. Pilihlah karyawan sesuai kualifikasinya. Pilih karyawan yang jujur, kreatif dan cekatan serta dapat dipercaya dengan mengadakan serangkaian tes tulisan dan lisan. Karyawan minimarket adalah aset bagi usaha itu sendiri. Sehingga dengan mempunyai karyawan yang unggul maka dapat mempercepat kesuksesan bisnis minimarket yang sobat bangun. Untuk merekrut karyawan bisa dengan cara membuka iklan lowongan kerja di koran, surat kabar atau ditempel di depan perusahaan. Pendek kata, hati-hatilah dalam merekrut karyawan. Sebab usaha minimarket bisa maju oleh karyawan. Dan bisa pula bangkrut oleh karyawan. Oleh karenanya yang lebih mudah adalah merekrut karyawan dari penduduk sekitar. Hingga turut menciptakan lapangan kerja. 

9. Cara Memulai Usaha Minimarket 

Dalam merekrut karyawan pilihlah karyawan yang sopan, ramah tamah dan mudah bergaul serta murah senyum. Hal ini tak terlepas dari minimarket adalah sebuah usaha jasa pelayanan kepada konsumen. Maka konsumen yang puas atas pelayanan minimarket akan menjadi pelanggan loyal. 
Dalam mendirikan usaha minimarket mandiri yang laris manis dan tanpa ada gangguan di kemudian hari, minimarket tersebut hendaknya menjalin kerjasama dengan para pihak. Seperti lembaga kepolisian untuk mengadakan dan menjaga keamanan minimarket. Jika ada tindak pencurian dan perampokan di minimarket maka mereka bisa cepat menanganinya. Lalu jalin hubungan baik dengan penduduk sekitar untuk menjaga minimarket dari tindakan kriminal. Oleh karenanya, dianjurkan dslam tahap mendirikan minimarket diadakan proses grand opening dsn syukuran dengan melibatkan masyarakat setempat. 
Managemen pengelolaan minimarket berikutnya seperti disebutkan sebelumnya adalah mengadakan kebutuhan produk dan barang yang didapatkan dari supplier termurah dan terpercaya. Rencanakanlah sejak sekarang barang-barang kebutuhan apa saja yang hendak dijual. Usahakan usaha minimarket sobat menjual barang secara lengkap dari mulai telur, sabun, sampo, detergent, kopi, makanan ringan, minuman dingin, topi, jas hujan, permen, perobatan rumah tangga dll. Barang-barang tersebut kemudian disusun rapi oleh rak minimarket yang tersedia di pasaran online maupun non online. Bentuk rak minimarket hendaknya disesuaikan dengan luas ruangan minimarket dan estetika. Sehingga terlihat menarik dan elegan. Tata pula meja kasir untuk melayani pelanggan yang biasanya berada di dekat pintu masik keluar. 
Demikian cara membuka usaha minimarket untung 100 juta. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.


Sumber : http://caripeluangusahabaru.blogspot.co.id/2016/02/cara-membuka-usaha-minimarket-untung.html


Posting Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.