Buku > Retail Rules > 9.3. Cara Baru dalam Engagement

Nielsen memperkenalkan
konsep 3 Screen, yaitu screen digital interactive TV, Internet, dan mobile
phone. Ketiganya akan menguasai media global di masa mendatang. Pebisnisakan
mengarahkan komunikasi pemasarannya melalui 3 Screen ini untuk menggapai dan
berinteraksi dengan konsumen atau pelanggannya. Iklan di media konvensional
sudah terlalu riuh (cluttered) dan sulit digunakan untuk mendapatkan perhatian
dan kepercayaan konsumen. Iklan ini akan digunakan untuk media brand
reinforcement.
Dari hasil riset
Nielsen, komunitas dan teman merupakan lembaga yang paling dipercaya oleh
konsumen saat ini dan di masa mendatang Individu di komunitas mengungkapkan
pengalaman, level kepuasan, dan kebenaran suatu iklan atau penawaran melalui
perbincangan di ruang-ruang bicara diinternet. Rating kualitatif ini sudah
menjadi acuan bagi konsumen dalam membuat keputusan komersial maupun bisnis.
Di Amerika, dampak dari
iklan department store yang merupakan gabungan televisi dan web video jauh
lebih tinggi dibandingkan hanya dengan televisi saja. Hal ini terjadi dalam hal
brand recall (54% lebih tinggi) maupun likeability (123% lebih tinggi).
Kepemilikan mobile phone
di pelosok dunia terus meningkat dan menjadi media penting untuk multimedia
messaging, texting, video, Internet, dan download.
Di antara ketiga media
masa depan itu, mobile phone menjadi media paling penting di Indonesia masa
mendatang. Hal ini disebabkan oleh karakter konsumen yang praktis, mobilitas
tinggi, dan sebagai alat penampilan gaya hidup. TV digital akan menjadi alat
interaksi konsumen di rumah dengan prinsipal, selain untuk menonton program
televisi.
Potensi dan kemampuan
menggabungkan informasi demografi keluarga yang sangat spesifik, gaya hidup
anggota keluarga, database transaksi belanja, dan sebagainya menjadi kekuatan
perubahan besar bagi pemasaran di masa mendatang.
Branding konsumen di
masa depan bisa berupa nama, alias, nomor KTP, Blackberry Pin ID, Barcode,
RFID, dan sebagainya, yang mewakili gaya hidup, perilaku, preferensi, opini,
kesukaan, media sosial konsumen.
Iklan dan penawaran
prinsipal akan menjadi semakin personal atau pribadi. Di rumah sebuah keluarga
yang memiliki gaya hidup sehat, iklan dan penawaran produk lebih condong ke
arah minuman dan makanan sehat, sedangkan di rumah keluarga biasa, iklan
minuman keras dan makanan lezat berlemak masih akan mendominasi.
Program tontonan juga
dibuat pribadi, sehingga tidak mengikuti program stasiun televisi yang sudah
dijadwalkan secara rapi - mengarah ke Time Shifted TV. Singkatnya, 3 Screen
akan menjadi media bagi pemasar untuk menggapai konsumennya “anytime dan
anywhere"-wah, seperti slogan minuman cola di masa lalu.
---------------------------------------------------------
Website Raja Rak Minimarket yang lain :
---------------------------------------------------------
Website Raja Rak Minimarket yang lain :
Posting Komentar