Buku > Retail Rules > 10.3. Teknologi Komputer

Di masa depan, budaya akan ditentukan oleh teknologi. Telepon seluler,
modem, laptop, Internet, atau konferensi video adalah simbol status dari anak
muda. Teknologi-koneksi inilah yang merekatkan mereka. Ketika alat ini menjadi
semakin murah dan powerful, maka jumlah populasi, kekuatan, dan pengaruh dari
generasi ini akan semakin bertambah.
Bersamaan dengan kekuatan
teknologi yang semakin tumbuh, pengetahuan, kekayaan, dan pengaruh dari
masyarakat akan berpindah kepada generasi yang mampu menggunakan teknologi
secara paling efektif. Hal ini akan menjungkirbalikkan masyarakat dan
organisasi tradisional. Teknologi juga mempercepat fase perubahan, mengurangi
waktu bagi masyarakat dan organisasi tradisional untuk beradaptasi terhadap
perubahan ini.
Semua produk akan dapat
dipindai denga telpfon, dibandingkan harga dan fiturnya, Informasi prosduk bisa
ditelusuri melalui e-cataloge sehingga dalam sekejap konsumen dapat membuat
keputusan pembalian. Inilah yang disebut sebagai shopping 1.0
Kini kita tengan memasukki
era shopping 2.0, yakni ketika e-commerce beralih menjadi we-commerce. Para
wanita saat ini sudah bisa masuk ke dalam fitting room membawa handphone.
mereka mencoba baju pertama ditubuh mereka dan mengambil gambar. Pakaian kedua
dan ketiga juga dicoba dan diambil gambarnya, kemudian langsung dikirim ke
teman-teman terpercaya dijejaring sosial untuk dimintai pendapatnya, sehingga
keputusan membeli konsumen bagaikan sebuah kerja sama tim layaknya tim
olahraga.
Dengan demikian peer
opinion menjadi powerful bagi konsumen. Para peritel dan manufaktur harus
memmaknai hal ini dan membangun oponi didalam komunitas dan membuat percakapan
(conversation), bukannya kampanye. Kampanye mulai ditinggalkan oleh konsumen.
---------------------------------------------------------
Website Raja Rak Minimarket yang lain :
---------------------------------------------------------
Website Raja Rak Minimarket yang lain :
Posting Komentar