Bagaimana Cara
Memperbanyak langganan
Memperbanyak langganan
adalah suatu pekerjaan yang harus dilaksanakan. Memperbanyak langganan tidak
bisa berhasil seketika itu, tapi secara bertahap. Konsumen akan mengenal toko
Anda melalui informasi dari mulut ke mulut bila tidak beriklan. Oleh sebab itu,
memperbanyak langganan harus dimulai dahulu dengan membangun citra toko Anda
sendiri. Kalau toko Anda memiliki citra yang baik, maka konsumen pun akan
datang silih berganti. Kriteria sebagai toko yang baik tentu saja dari cara
bagaimana Anda melayani konsumen, harga-harga yang Anda berikan pada barang
dagangan Anda, serta kesediaan Anda untuk melakukan sesuatu di luarketentuan yang biasa, seperti menukar barang bila barang itu betul
tidak cocok karena kesalahan di pihak Anda, atau Anda tidak menjumlah harga
dengan benar. Citra toko Anda yang baik akan membawa keberuntungan bagi
perkembangan toko Anda. Misalnya, toko Siola yang semula selalu mengutamakan
pelayanan untuk kepentingan konsumen. sampai sekarang nama "Siola"
tetap digunakan meskipun toko itu telah tutup dan diambil alih oleh Ramayana.
Demikian pula dengan toko Anda jika memiliki citra yang baik, nama toko Anda
akan harum selamanya.
Toko yang bercitra baik
akan menjadi jalan menuju keberhasilan Anda. Pemilik tidak akan repot lagi
untuk mencari pembeli, karena pembeli Anda telah mengetahui toko Anda terkenal
dengan memiliki barang yang lengkap. tokonya bersih dan rapi, produk-produk
yang dijual selalu baru, dan pelayanannya sangat memuaskan. Bisa dipastikan
Anda telah memiliki konsumen yang akan datang silih berganti sehingga aliran
dana masuk ke toko Anda semakin besar yang menyebabkan laba Anda bertambah.
Memperbanyak langganan adalah salah
satu cara untuk memperbesar cash in flow sebuah toko.
Sebuah toko yang ramai dengan pembeli akan memperbesar omzet penjualan. Dengan
besarnya omzet penjualan maka aliran dana yang ada di toko akan berjalan dengan
lancar, sehingga semakin banyak keuntungan yang akan diterima oleh pemilik
toko.Semakin banyak langganan yang membeli berarti Anda semakin memperoleh
kesempatan untuk mengembangkan item produk yang Anda jual. Sebuah toko yang
memiliki barang yang lengkap, memiliki peluang untuk meraih konsumen lebih
banyak lagi. Seorang customer saya selalu mengambil keuntungan beberapa
persen saja terhadap barang-barang yang dijualnya, agar toko yang didirikan
memiliki langganan tetap banyak Barang-barang dengan harga pada suatu toko akan
menjadi daya tarik bagi konsumen. Karena pada dasarnya konsumen selalu mencari
barang dengan murah dan bermutu baik. Walaupun tidak dimungkiri ada konsumen
yang selalu mencari barang dengan harga mahal dan bermutu baik pada jenis
barang tertentu. Untuk jenis barang kebutuhan sehari-hari kebanyakan konsumen
mencari yang murah. Menurut seorang customer saya, konsumen akan membeli
di tempat lain bila harga lebih mahal walau selisihnya hanya Rp 50,00. Dengan
mengamati perilaku konsumen yang seperti ini maka sebaiknya bila Anda membuka
toko untuk pertama kali, atau baru saja buka, sebaiknya Anda memperhatikan hal
ini. Setelah itu, pada saat langganan Anda telah banyak. Anda bisa mengambil
keuntungan secara normal dengan menaikkan harga secara bertahap.
Sekarang yang menjadi
masalah yaitu bagaimana Anda dapat memperbanyak langganan. Banyak sekali toko
yang telah menjual barangnya dengan harga murah, tetapi pembeli yang ada tidak
pernah menjadi langganan tetap. Kalau dianalisis apa yang menyebabkan hal itu
terjadi, maka berbagai sebab bisa menjadipenghalang yang terkadang tidak pernah
disadari oleh pemilik toko, misalnya: toko tidak bersih dan tidak rapi,
meskipun barang yang dijual murah, tetapi toko tidak menyediakan barang dengan
lengkap. Bisa jadi toko Anda sepi karena pelayanan yang Anda berikan tidak baik
dan lokasi toko yang tidak strategis. Masalah mah seperti inilah yang membuat
banyak sekali pemilik toko yang gagal mengelola tokonya dengan baik.
A. Pelayanan yang Baik
Pelayanan merupakan bagian terpenting dari usaha apa pun. Suatu
usaha tanpa memiliki pelayanan yang baik, maka usaha yang Anda jalankan bisa
dipastikan akan berumur pendek. Untuk memiliki usaha agar berumur Panjang
tentunya Anda harus memiliki langganan yang jumlahnya banyak yaitu dengan
memberikan pelayanan vi baik. Memang pelayanan yang baik. tidak akan membawa
dampak secara langsung karena pelayanan itu tidak memiliki bentuk, tetapi hanya
bisa dirasakan oleh konsumen secara berulang-ulang. Biasanya
perusahaan-perusahaan yang hanya menjual "jasa" selalu mementingkan
pelayanan sebagai wujud dari produk yang dijualnya. Misalnya perhotelan akan
selalu mengutamakan pelayanan atau service kepada para tamunya selain
sarana hotel yang dimiliki. Asuransi dan tours-travel Juga menjual pelayanan,
begitu pula dengan usaha-usaha yang tidak memiliki produk, menjual pelayanan
sebagai produk utamanya. Karena dengan adanya pelayanan yang baik, usaha yang
Anda dirikan memiliki nilai lebih.
Tidak berbeda dengan usaha toko milik Anda, pelayanan juga menjadi
bagian penting dalam upaya memperbanyak langganan. Siapa saja jika membeli
sesuatu pada sebuah toko, tentunya akan merasa senang bila dilayani dengan
baik. Saya dengan istri saya selalu pergi ke sebuah toko, yang menurut saya
toko itu relatif jauh dari tempat tinggal saya. Saya juga sering mengatakan
kepada istri saya. sebaiknya membeli barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari
di toko dekat rumah saja. Tapi istri saya mengatakan bahwa toko di dekat rumah
tidak memberi pelayanan yang baik jika kami datang. Berbeda dengan toko yang
selalu kami kunjungi tiap kali berbelanja. Dalam pengamatan saya. toko kecil
itu pemiliknya selalu ramah. Karena toko itu diberi pintu di depannya maka
setiap kali ada pengunjung datang, pegawainya selalu membukakan pintu dan
mempersilakan masuk. Begitu pula dengan kasirnya selalutersenyum, menghitung
dengan benar belanjaan setiap orang, dan selalu mengucapkan terima kasih bila
pengunjung telah meninggalkan tokoitu. Kesan inilah yang akan mengundang siapa
saja untuk datang ke toko yang selalu memberi pelayanan yang baik.
Pelayanan dalam usaha
merupakan faktor penentu bagi perkembangan toko Anda selanjutnya. Hubungan yang
harmonis antara pembeli dan pemili toko harus berjalan dengan baik. Para
konsumen harus tetap dilayani dengan baik, tidak memandang apakah konsumen yang
hanya lewat atau konsumen tetap. Jika Anda telah memberikan image yang baik
tentang pelayanan, maka akan membantu untuk memperbanyak langganan. Orang lebih
senan membeli di toko Anda dengan harga . mungkin lebih mahal tetapi memiliki pelayanan
yang baik. daripada membeli ketoko yang menjual dengan harga murah tapi tidak
memberi pelayanan dengan baik.
Pelayanan yang baik bisa
berupa melayani" dengan hati riang; menjumlah barang-barang dengan harga
yang sesuai, jujur, menipu memberikan barang yang baru dan dalam kondisi baik
pada konsumen: dan memberikan kembalian dengan tepat. dan tidak menipu sangat
diperlukan dalam usaha membuka toko, karena dengan memberikan keterangan akan
barang dengan jujur, konsumen akan merasa dibantu untuk mengatasi kesulitannya
mencari-cari barang tertentu. Konsumen merasa lega karena dibantu untuk
mendapatkan barang komplementer jika barang yang dicarinya habis. Anda juga
dituntut bersabar melayani konsumen yang sedang mencari-cari barang yang
dikehendakinya, tanpa harus membentak-bentak sehingga konsumen tidak ragu-ragu
terhadap barang yang dicarinya. Sebaiknya Anda mengarahkan, memberi saran. dan
membantu pembeli untuk mengambil keputusan. Konsumen yang bingung pada suatu
pilihan barang akan sulit untuk mengambil keputusan. Untuk itu, Anda harus
dapat membantunya untuk mengambil keputusan. Bagaimana jika yang melayani
anak-anak, pembantu, atau anggota keluarga yang belum mengerti akan pelayanan?
Pada anggota keluarga sebaiknya diberitahukan bahwa pelayanan sangatlah penting
untuk perkembangan toko Anda Sebagai pelajaran yang baik, Anda harus memberikan
contoh pada anggota keluarga dengan tingkah laku atau cara-cara melayani
konsumen dengan baik.
Melayani sepenuh hati akan
memberi energi pada Anda akan usaha yang Anda jalani. Semua pekerjaan yang
dijalankan dengan sepenuh hati dan tanpa harus mengeluh akan bermanfaat pada
diri Anda sendiri. Anda akan termotivasi untuk selalu "antusias"
melawani konsumen. Begitu Anda melihat ada calon konsumen datang, Anda akan dengan
senang hati melayaninya. Begitu pula pada pihak konsumen akan merasa gembira
dan senang melihat Anda yang bersemangat. Situasi dan kondisi yang menyenangkan
akan mempermudah konsumen untuk mendapatkan barang yang dicari. Pemilik toko
pun dapat dengan leluasa menawarkan produk baru jika barang yang dikehendaki
konsumen tersebut tidak ada.
Situasi dan kondisi yang
baik yang terjadi pada suatu saat akan dapat mempercepat seseorang mengambil
keputusan. Seperti pengalaman saya jika datang ke suatu toko, saya akan segera
menyapa pada pemilik toko dengan riang, walau pemilik toko yang saya datangi
mungkin sedang "sedih"jika tokonya sepi. Saya menyampaikan segala
informasi dengan positif dan menyenangkan. Setelah pemilik toko merasa senang
dengan komunikasi yang terjadi, barulah saya mengajak dia untuk segera
mengambil keputusan atas sejumlah barang pada saya. Transaksi yang terjadi di
luar dugaan, karena pemilik toko akan memesan barang melebihi kuota yang telah
ditetapkan oleh perusahaan. Anehnya, customer saya akan selalu membeli
produk-produk yang saya tawarkan meskipun barang yang dia miliki masih banyak
di gudang. Tapi karena saya datang dengan sepenuh hati, maka customer saya
membelinya juga. Pekerjaan yang Anda lakukan dengan sepenuh hati itu akan memberikan
energi dan memancar pada orang yang berada di hadapan Anda. Jika Anda seorang
pemilik toko maka konsumenlah yang sering berhadapan dengan Anda, dan saat ini
menanti untuk dilayani dengan sepenuh hati dan ramah.
Sabar dan jujur merupakan ciri khas yang dimiliki oleh pemilik
toko yang berhasil. Dahulu di depan rumah saya ada seorang tetangga yang
membuka toko dan sangat laris. Menurut saya, barangkali hanya dialah
satu-satunya di tempat itu yang memiliki toko barang-barang yang paling lengkap
Tidak lama kemudian ada toko baru di berjualan tidak jauh dari toko itu. Toko
yang baru dibuka kecil dan jauh dibanding dengan tok yang ada di depan rumah
saya. Ibu saya sering membeli pada toko di depan rumah Sy tapi selalu mengeluh
karena pemiliknya tidak sabar jika melayani, serta sering menaikkan harga walau
sebelumnya telah mengatakan dengan harga tertentu. Karena selalu diperlakukan
seperti itu, akhirnya ibu saya membeli ketoko kecil itu yang pemiliknya ramah,
sabar, dan jujur, serta melayani ibu dengan sepenuh hati. Walau menyadari
barang-barang yang dimilikinya tidaklah selengkap toko di depan rumah, pemiliki
toko kecil itu dengan sepenuh hati berjanji akan mencarikan kebutuhan ibu saya,
untuk keesokan harinya. Begitulah, ibu terus berbelanja di toko kecil itu.
Setelah kami pindah rumah dan sekarang bertemu dengan salah seorang tetangga,
saya sempat menanyakan apakah toko di depan rumah saya masih ada. Tetangga saya
mengatakan bahwa toko di depan rumah saya telah tutup, dan sekarang hanya toko
kecil itu yang masih berjualan. Menurutnya, kini telah menjadi toko yang sangat
besar, tidak saja melayani pembeli secara eceran tapi juga melayani
pembeli-pembeli secara partai.
Pelayanan yang baik akan
meningkatkan omzet penjualan toko melalui langganan-langganan Anda. Cash in
flow Anda akan meningkat sehingga Anda bisa membeli lagi barang-barang yang
telah habis di toko dan menambah sedikit longgar cash expenses yang perlu.
Tentu saja, keuntungan yang Anda dapat akan berlipat jika langganan Anda
semakin banyak.
B. Membersihkan dan Merapikan ΤΟΚΟ
Toko yang bersih dan rapi akan menjadi pesona tersendiri bagi
seorang konsumen. Saya memiliki seorang customer yang tokonya terletak di kota
yang miskin penduduknya, namun banyak sekali konsumen yang datang ketoko
tersebut. Setelah saya mengamati dan membandingkannya dengan toko-toko lain di
sekitar toko itu, termasuk yang ada di kota besar, ternyata toko milik
customer saya adalah toko yang amat bersih dan rapi. Sebelum toko buka,
kaca-kaca etalasenya dibersihkan dahulu sampai mengkilat. Barang-barang yang
datang segera dilabeli dan diatur dengan rapi di rak masing-masing. Di dekat
pintu masuk disediakan tong sampah. Gudang untuk barang-barang persediaan
terletak di belakang toko, dan di dalam toko tidak ada barang-0barang yang berserakan.
Jika ada kotoran-kotoran yang tercecer, pemilik toko segera memerintah
karyawannya segera membersihkan.
Toko yang bersih dan rapi tentu sangat menyenangkan konsumen.
Produk-produk yang disusun dengan baik di etalase, di rak-rak toko, dan gudang
sesuai golongan dan jenisnya; akan membuat etalase, rak, dan gudang tersebut
tidak berantakan karena barang yang diperlukan akan mudah didapatkan. Susunan
barang yang rapi di toko akan aman dari sentuhan binatang seperti kecoa dan
tikus. Tikus inilah musuh yang paling berbahaya bagi toko Anda. Barang-barang
Anda akan rusak oleh gigitan tikus-tikus jika tidak disusun dengan rapi.
Sehingga menyebabkan kerugian besar jika barang yang Anda beli itu adalah
barang-barang yang tidak dapat dikembalikan pada pemasok,
Sebaiknya Anda menyusun
barang-barang itu sesuai dengan golongannya, misalnya jenis makanan dengan
makanan, sedangkan yang bukan makanan Anda susun dengan yang bukan makanan.
Jika Anda mengaturnya secara campur aduk juga akan merugikan Anda sendiri.
Misalnya, makanan yang Anda jual itu Anda campur dengan sabun, maka makanan itu
pasti akan beraroma sabun. Makanan seperti ini tidak akan laku dijual dan jika
Anda memaksa, maka konsumen akan jera untuk membelinya pada Anda.
Memang, keteraturan susunan barang-barang Anda di toko juga dapat
memberikan manfaat agar konsumen dengan mudah mendapatkan barang yang
dikehendaki. Kebersihan toko di samping sangat menarik bagi pembeli, juga
mengurangi kerugian akibat dirusak oleh binatang. Pembeli akan senang dengan
barang-barang yang dibelinya karena nampak baru dan bersih. Pemandangan toko
yang serba teratur juga dapat meningkatkan konsentrasi konsumen untuk
mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan di luar rencana semula. Jadi, pembeli
tidak khusus membeli barang tertentu saja, tetapi akan membeli barang lain.
Dengan melihat barang yang diatur rapi akan teringat pada barang yang memang
dibutuhkan tapi lupa mencatatnya.
C. Barang yang Dijual Lengkap
Toko yang memiliki barang lengkap akan mempunyai kesempatan besar
untuk meraih konsumen lebih banyak. Seorang konsumen akan jera membeli pada
toko Anda jika tiap kali ia mencari suatu barang tidak pernah tersedia di toko
Anda. Berbeda jika di toko Anda terdapat barang dagangan lengkap. konsumen
langsung mendapatkannya dan bila perlu akan membeli kebutuhan lain yang
dianggapnya perlu. Disinilah keunggulan yang harus diusahakan oleh sebuah toko
yang menjual kebutuhan sehari-hari. Namanya toko kebutuhan sehari-hari, maka
barang-barang yang ada tentunya harus memenuhi berbagai kebutuhan yang
diperlukan sehari-hari. Seorang customer saya menjual segala macam
barang mulai dari jarum pentul sampai barang yang berharga mahal, seperti susu
untuk kebutuhan anak-anak dan orang dewasa. Memang untuk memenuhi segala macam
barang kebutuhan sehari-hari, modal yang dibutuhkan besar sekali.Tapi menurut
anjuran, sebaiknya menyediakan barang kebutuhan sehari-hari itu sebanyak
mungkin macamnya. dan peritem produk jumlahnya hanya sedikit, misalnya 3 biji
saja.
Anjuran ini sangat penting
karena semakin lengkap produk yang disediakan oleh toko, maka peluang
mendapatkan konsumen akan lebih banyak lagi. Pembeli tidak akan membatalkan
transaksinya jika barang yang disediakan sangat lengkap. Akan tetapi, bagaimana
dengan pemilik toko yang hanya memiliki modal terbatas? Padahal agar toko
memiliki langganan yang banyak, salah satu syaratnya adalah mempunyai barang
yang lengkap,
Sebenarnya modal terbatas
tidak boleh menjadi masalah dan penghalang dalam usaha ini. Memiliki usaha
dengan membuka toko memerlukan ketekunan dan kesabaran. Dan untuk menyedikan
produk-produk secara lengkap diperlukan modal yang cukup besar. Seorang customer
saya bernama Bu Masihkah, mengawali usahanya dengan modal hanya Rp 250.000,00
di ruang tamu rumahnya yang berukuran sangat sempit, 3 meterkali 4 meter. Agar
pembeli tidak kecewa, ibu ini menyediakan produk-produk yang betul-betul
diminati oleh konsumen sekitar rumahnya. Caranya tiap jenis produk hanya
disediakan 2 biji. Bagaimana jika ada yang membeli melebihi dari persediaan
yang ada. Bu Musihkah akan menjanjikan barangnya dikirim keesokan harinya
dengan "alasan" barang itu masih kosong. Adanya konsumen yang membeli
lebih ini akan menjadi pelajaran berharga bagi Bu Musihkah, bahwa barang yang
dijual adalah baranglaku. Dia tidak akan membeli dengan jumlah yang sama
seperti sebelumnya, tetapi akan membelinya.6 biji dan sisanya yang telah
terbeli itu untuk stok mendatang. Begitu seterusnya, Bu Musihkah melakukannya
hingga modal yang dia kumpulkan kini telah mencapai kurang lebih 50 juta.
Pengalaman di atas bisa menjadi alternatif bagi siapa saja yang
mengawali membuka toko dengan cara menyediakan barang secara bertahap. Cara
lain untuk menambah jenis produk yang dijual yaitu dengan berhubungan langsung
dengan salesman dari berbagai perusahaan. Meski membutuhkan waktu, tapi cara
ini baik sekali bagi seorang pemula yang berusaha membuka toko, dan hanya
bermodal kecil. Jangan sia-siakan momen seperti itu jika ada salesman datang
belilah sedikit produk yang menurut Anda bisa laku dan bernegosiasilah jika
bisa mendapatkan kredit untuk sejumlah produk.
Barang-barang yang didapatkan secara kredit dapat dijual secara
maksimal hingga habis. Usahakanlah agar barang-barang tersebut bisa dijual
secepatnya, karena uang tunai yang diperoleh bisa dibuat keperluan lain.
Tanyalah pada salesman, kapan dia berkunjung lagi ke tempat Anda. Sehingga Anda
bisa mengatur keuangan yang diperoleh dari hasil penjualan tunai untuk
dibayarkan pada salesman jika datang. Seorang customer saya memberikan resep untuk
mendapatkan barang dengan cepat dan menjualnya dengan cepat pula dan kemudian
membayarnya. Katanya. "Sambil menunggu salesman datang. jangan lupa
tanyakan kepada salesman tersebut kapan datang berkunjung lagi dan menagih.
Dengan demikian, uang dapat digunakan membeli produk-produk fast moving dengan
lengkap, begitu seterusnya..."
Dan yang paling berat bagi
Anda jika memulai usaha hanya dengan modal kecil adalah harus menambah modal.
Agar barang Anda di toko menjadi lengkap salah satu jalan yang mudah dan cepat
adalah dengan menambah modal usaha. Bisa dengan cara menambahnya secara
bertahap atau langsung dalam jumlah besar. Seperti yang pernah dilakukan Bu
Umi, untuk melengkapi barang yang secara bertahap. Beberapa tahun membuka toko,
keuntungan yang diperoleh tak pernah digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk
membayar rekening listrik, PDAM, telepon, dan membayar uang sekolah
anak-anaknya masih mengandalkan uang gaji yang diterima oleh suaminya tatkala
masih bekerja. Keuntungan dari usahanya terus ditambahkan sebagai modal usaha.
Selain itu, jika mendapat arisan uang yang diperolehnya juga langsung dibelikan
barang-barang untuk kebutuhan toko. Jadi, menambah barang di toko bisa dimulai
dengan cara mengangsur.
Sementara itu, jika Anda
telah memperoleh sumber dana sebaiknya langsung digunakan untuk membeli barang-barang
kebutuhan toko. Sumber dana itu bisa dari bank, pegadaian, dan dari perusahaan
atau agen. Untuk sumber dana dari perusahaan dan dari agen bisa Anda peroleh
setelah toko Anda beroperasi. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda bisa menarik hati
pemilik toko agen dan jangan selalu "menolak" salesman yang
datang. Karena kedatangan salesman akan mengundang salesman-salesman
lain datang ke toko Anda, untuk memberikan barang sebagai pelengkap toko Anda.
D. Produk yang Dijual Selalu Baik
Janganlah menjual suatu produk yang habis masa kadaluwarsanya.
Mintalah tukar pada salesman atau pemilik toko grosir tempat.Anda membeli.
Simpanlah barang-barang rusak Anda dan pisahkan agar tidak ikut dengan produk-produk
baru. Menjual produk-produk yang sudah lama atau rusak akan mengurangi citra
toko Anda. Sebaiknya. Anda menghindari untuk memberikan barang-barang rusak dan
kedaluwarsa kepada konsumen jika Anda ingin memiliki langganan yang banyak.
Produk-produk yang tersedia ditoko Anda dalam keadaan baik. Artinya,
produk-produk tersebut masih bagus, kemasannya tidak rusak atau robek, warna
kemasan tidak pudar, peyok, dan masa kadaluwarsa tidak habis. Dan untuk
mendapatkan produk-produk yang baik, Anda tentunya berhubungan langsung dengan salesman
berbagai perusahaan, toko agen atau toko grosir, atau toko-toko superbesar
seperti MAKRO dan yang lain. Hanya sebagai catatan, membeli di toko-toko
superbesar jarang menerima barang kembalian yang telah rusak dan Anda dituntut
untuk teliti bila membelinya. Telitilah bentuk barang, baik warna kemasan dan
bentuk kemasan, masa kadaluwarsa, serta jumlah barang yang Anda terima.
Sehingga Anda akan mendapatkan barang-barang yang baik pula.
Cara lain agar Anda memiliki barang yang bagus adalah melakukan
penyimpanan produk-produk itu dengan baik pula. Menggolong-golongkan produk
sesuai dengan jenisnya dan mengaturnya di gudang pada rak-rak dan etalase yang
tersedia. Dan yang lebih penting adalah bernegosiasi dengan para salesman
perusahaan untuk mengadakan perjanjian mengenai penggantian barang yang rusak,
masa kedaluwarsa habis, serta pengembalian barang-barang yang tidak laku sama
sekali. Dengan demikian Anda mengurangi risiko kerugian akibat barang-barang
rusak dan dapat melayani konsumen dengan baik sehingga dapat mendatangkan
langganan yang banyak.
E. Bersedia Mengirim
Banyak sekali toko yang menjadi customer saya tidak melakukan
pengiriman apabila ada konsumen yang membeli dalam jumlah banyak. Mereka lebih
suka membiarkan konsumen membawa sendiri barang belanjaannya. Saya memiliki
seorang customer lain yang menjual secara partai, selalu bersedia jika
langganannya meminta untuk mengirim barang belanjaannya. Pengiriman yang
dilakukan oleh pemilik toko merupakan salah satu upaya untuk menambah jumlah
langganan. Melakukan pengiriman bisa menjadi alternatif sebagai bentuk
"keunggulan" dalam bersaing. Bila Anda memiliki sebuah toko yang
bersedia mengirim barang dalam jumlah tertentu, maka bisa dipastikan toko Anda
akan memiliki sejumlah pelanggan yang memesan barang lewat telepon.
Trend memesan barang melalui
telepon telah berkembang pesat akhir-akhir ini, sehingga Anda harus memulai
merancang toko Anda dengan melengkapi seorang pegawai yang bertugas melakukan
pengiriman. Melayani pengiriman dengan sejumlah pembelian tertentu akan
mendongkrak omzet penjualan toko Anda. Tidak dimungkiri, cara ini telah
dilakukan berbagai usaha di luar usaha membuka toko kebutuhan sehari-hari.
Saya pernah mengunjungi
seorang teman yang menjadi pasien di salah satu rumah sakit, yang tidak
memiliki keluarga di Surabaya. Dia masuk rumah sakit dan menjalani rawat
tinggal selama berminggu-minggu. Dokter memberikan resep tetapi tak seorang pun
yang bisa membelikan karena pasien tersebut tidak memiliki keluarga. Seorang
suster yang merawatnya, membantunya dengan menelepon orang apotek untuk memesan
obat sesuai dengan resep. Obat itu kemudian dikirimkan dan hebatnya meskipun
dalam jumlah sedikit tetap dilayani. Itulah salah satu cara untuk memperbanyak
langganan dengan cara mengirim barang yang dipesan.
Untuk Anda yang memiliki
usaha toko, pengiriman yang Anda lakukan tentu saja selain dapat menaikkan
omzet penjualan, dapat menarik konsumen-konsumen baru untuk membeli di toko
Anda. Beritahulah konsumen-konsumen baru Anda bahwa toko Anda akan mengirim
barang-barang yang telah dibeli dalam jumlah tertentu sampai kerumah.
Sempatkanlah membuat spanduk di depan toko, yang artinya “Anda akan mengirim
belanjaan mereka sampai dirumah". Spanduk yang Anda buat di depan toko
akan menarik sekali bagi konsumen atau calon konsumen.
Memang mengirim barang
belanjaan konsumen ke rumah masing-masing akan membutuhkan tenaga bila Anda
sendirian. Tapi, alangkah baiknya Anda melakukan dengan seorang pegawai jika
ingin omzet Anda naik melampaui target yang telah ditentukan. Membayar seorang
pegawai sekaligus sebagai pengirim barang, memang menambah cash expenses Anda,
tapi bila diimbangi dengan kenaikan omzet penjualan maka cash expenses yang
keluar akan menjadi seimbang atau mungkin lebih menguntungkan.
---------------------------------------------------------
Website Raja Rak Minimarket yang lain :
Website Raja Rak Minimarket yang lain :
Posting Komentar