https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg2k6DIKnwAncQ_ofcrMwsB0aoNxN_fUgTHGMwNBYvUFGWRj0wMt0QwfuHqPPI0pQV2E6EWgIZKE3cNsibRril6t-CPqet4na6a9hPVQ-miIa1SwmdpHxxCZT53V3rOW_Yv6bH6iic7ea64zyfbgBBW7mw6MJsoYxnp0K0E1SIZKC_e0aLm7kjl9wMF=s900



Tahukah Anda, hanya butuh 1/10 detik saja untuk membangun kesan pertama dengan orang baru di hadapan Anda?

Dengan kata lain, saat Anda bertemu dengan orang lain untuk pertama kalinya, Anda harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengenal mereka dengan cepat. Tentu saja menscanning mereka, mulai dari penampilan sampai bahasa tubuh dan cara mereka berbicara akan membantu Anda untuk menciptakan komunikasi yang berkesan.

Kesan pertama diharapkan mampu menjadi pintu sebuah relasi jangka panjang tercipta. Bukan hanya menguntungkan bagi Anda secara pribadi, tapi bisnis dan juga kegiatan Anda lainnya. Lalu apa saja tips yang bisa diterapkan untuk membuat kesan pertama yang baik? Berikut ini kami bagikan tipsnya untuk Anda:

Perhatikan bahasa tubuh dan postur tubuh Anda


Salah satu yang akan menjadi perhatian utama lawan bicara Anda adalah bahasa tubuh dan postur tubuh Anda. Bisa jadi ini pula yang akan Anda lakukan kepada mereka. Semakin menarik dan semakin menyenangkan, maka komunikasi Anda dengan lawan bicara akan semakin intens. Mungkin Anda pun juga perlu memahami bagaimana bahasa tubuh yang ditunjukkan oleh pelanggan Anda, seperti pada artikel berikut ini. Bahasa tubuh yang Anda miliki tentu harus menunjukkan ketertarikan Anda pada proses komunikasi tersebut. Penting untuk diingat! Setiap kali bertemu dengan orang baru, jangan biarkan lengan dan kaki Anda tertutup dengan rapat, ini Anda membuat Anda terlihat sangat tegang dengan percakapan yang ada. Anda bisa lebih rileks dengan menyandarkan punggung dan berbicara dengan lebih santai. Setiap lawan bicara Anda akan menyadari apakah Anda nyaman atau ingin segera mengakhiri percakapan itu.

Atur nada suara Anda saat berkomunikasi


Selain bahasa tubuh, nada suara juga penting untuk dijaga. Meski Anda sangat bersemangat dalam percakapan itu, jangan biarkan nada bicara Anda terkesan meninggi dan mendominasi. Jangan juga berbicara dengan intonasi yang terkesan cepat atau sangat lambat. Nikmati saja percakapan yang terjalin.

Gunakan kata-kata yang sopan


Kesan pertama yang baik sangat membantu hubungan terjalin dalam waktu yang sangat lama. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah penggunaan kata atau kalimat yang sopan. Tidak penting untuk siapa, apakah orang tersebut lebih dewasa, lebih mudah, lebih berpengalaman atau kurang berpengalaman. Semua orang baru tentu saja harus kita hormati, salah satunya dengan menggunakan kalimat yang sopan.

Pastikan penampilan Anda sudah cukup menarik


Penampilan menarik, akan membantu Anda memberikan kesan pertama yang baik kepada lawan bicara Anda. Tidak peduli Anda datang ke acara yang formal ataupun non formal. Tapi kesan pertama yang baik dapat tercipta saat Anda berpenampilan menarik, sopan dan menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya.

Lakukan kontak mata


Setiap percakapan apapun, ada baiknya kontak mata tetap menjadi perhatian bagi kita. Kontak mata akan membantu kita mengetahui apakah lawan bicara kita serius, tertarik atau bahkan mencoba untuk menghindari setiap pembicaraan. Namun kontak mata yang harus dilakukan juga tidak boleh berlebihan. Tetap pada batasan yang sopan dan tidak mengganggu.

Ketahui sekilas siapa audiens Anda


Saat Anda harus berhadapan dengan ornag yang baru Anda kenal. Sangat diharuskan bagi Anda mencari tahu lebih dulu siapa dia, apa dan bagaimana dia beraktivitas. Bukan bermaksud untuk “kepo” tapi lebih memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengannya. Anda bisa lebih dulu mencari profilenya di sosial media. Mencari tahu apa yang sedang dia lakukan, hobi atau kesukaan apa. Saat Anda sudah mengetahui informasi sederhana itu, Anda akan lebih mudah mencari topic pembicaran dengan mereka.

Bersiap untuk berbicara dengan siapa saja


Tidak bisa dihindari saat Anda hadir di suatu acara yang besar dan mempertemukan Anda dengan orang baru. Anda harus siap berhadapan dengan siapa saja. Dengan kepribadian yang berbeda-beda, dengan karakter dan cara komunikasi yang tidak sama. Anda mungkin akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi, tapi tidak dengan menghabiskan waktu untuk mengenal tanpa berujung pada komunikasi yang baik.

Tunjukkan keunikan dari diri Anda


Jika Anda tahu, bahwa setiap orang itu unik, maka Anda akan menggunakan keunikan untuk menciptakan kesan pertama yang baik. Tunjukkan keunikan Anda, mungkin saja seperti pembicaraan tentang hobi atau kesukaan Anda. Berusaha untuk jujur dengan keunikan Anda akan membuat lawan bicara Anda semakin tertarik berbicara dengan Anda. Tetap saja, harus diingat! Harus tetap berada pada batasan yang tidak membuat siapapun merasa kurang nyaman.

Jangan gunakan telepon selama berkomunikasi


Hal inilah yang harus selalu diperhatikan! Jangan gunakan handphone dan usahakan untuk tetap fokus pada setiap pembicaraan Anda. Menggunakan handphone selama pembicaraan akan membuat Anda terkesan tidak serius dan tidak ingin melanjutkan pembicaraan. Sekalipun Anda harus menerima telepon, usahakan tidak pada saat Anda sedang berbicara atau mendengarkan lawan bicara Anda. Mintalah ijin untuk menerima telepon.

Jangan lupa menindaklanjuti


Saat Anda sudah berbicara dengan nyaman, jangan lupa untuk meminta informasi seperti kartu nama. Ini akan membantu Anda untuk menindaklanjuti percakapan Anda sebelumnya. Kesan yang akan tercipta adalah bahwa Anda serius dengan percakapan yang tercipta. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan hubungan jangka panjang dengan lawan bicara Anda.

Nah, sudah tahu kan betapa pentingnya sebuah kesan pertama dalam menciptakan hubungan jangka panjang bagi Anda? Setiap percakapan yang tercipta tentu harus berlanjut bukan? Salah satunya dengan menciptakan kesan pertama yang tidak terlupakan. Ini penting untuk siapapun dalam kegiatan apapun, termasuk dalam menjalankan sebuah bisnis.
sumber : http://mebiso.com/siap-sukses-ciptakan-kesan-pertama-terbaik-untuk-bangun-relasi-jangka-panjang/

Posting Komentar

Produk Rak Minimarket

[Rak Minimarket][carousel1][#e74c3c]

Rak Gudang Harga Murah

[Rak Gudang][carousel1][#8e44ad]
Diberdayakan oleh Blogger.