Startup tidak menjanjikan akhir bahagia. Di balik kesuksesan bisnis Startup memiliki proses yang cukup panjang. Di balik prosesnya, banyak sekali cerita kegagalan yang dialami oleh para entrepreneur yang membangun bisnis Startup mereka. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membangun Startup.

1. Startup yang Dibangun Tidak Menyediakan Kebutuhan Pasar


Banyak orang yang hanya membangun startup hanya mengikuti sesuai dengan hobi yang mereka sukai. Sebenarnya, tidak ada salahnya membangun startup sesuai hobi kita sukai. Namun, jika startup yang kita buat tidak menyelesaikan suatu masalah nyata yang terjadi, maka akan kurang peminatnya untuk menggunakan suatu produk/layanan yang kita buat.

Setiap orang yang ingin membangun sebuah startup disarankan untuk memulai dengan mengindentifikasi suatu masalah, baru kemudian menyediakan produk atau layanan yang memberikan solusi bagi suatu permasalahan tersebut,

2. Terlalu Lama Eksekusi dan Kehabisan Dana


Permasalahan seperti ini ternyata tidak hanya terjadi pada startup yang beroperasi dengan menggunakan dana sendiri saja. Startup yang telah memperoleh pendanaan pun bisa kehabisan dana dan akhirnya gagal. Beberapa faktor seperti buruknya alokasi dana dan waktu, serta terlalu lambatnya pertumbuhan startup menjadi penyebab terjadinya kondisi ini. Oleh karena itu, merencanakan keuangan dengan matang kemudian eksekusi yang cepat merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk memulai startup.

3. Terjadinya Konflik Internal Dalam Team


Bukan hanya permasalahan eksternal saja, tidak jarang, banyak tim yang mengalami kegagalan karena anggota timnya yang tidak memiliki visi dan tujuan yang sama. Tim yang solid adalah elemen yang sangat penting untuk mendorong kesuksesan sebuah startup. Bahkan tim yang kuat merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan untuk para investor yang mau berinvestasi di sebuah startup yang kita bangun.

4. Sombong Terhadap Ide Kita Sendiri, Terlalu Mendewakan Ide Kita


Banyak startup yang masih mendewakan ide. Memiliki ide yang hebat tidak akan menjamin sang seseorang bisa sukses dengan ide mereka, eksekusi yang mereka upayakan adalah faktor yang paling menentukan. Ide merupakan hal yang “murah”, jika tidak dieksekusi dengan cepat dan tepat.

5. Mempekerjakan Karyawan yang Karena Kenal, Bukan Karena Kompetensinya


Banyak startup yang merupakan bisnis kecil. Bisa dipahami bila pemilik startup memilih orang-orang dengan hanya melihat kedekatan keluarga. Dan mereka melakukan ini dengan mempekerjakan orang yang direferensikan kepadanya oleh teman dekat, kerabat, atau anggota keluarga lain.

Bagi kebanyakan orang, alasan dibalik ini adalah karena mereka ingin orang yang dapat dipercaya, orang yang tidak mencuri dari perusahaan. Sebagai startup, anda harus mempekerjakan orang yang sangat kompeten. Jika tidak, mereka akan meruntuhkan bisnis yang anda bangun.


sumber : https://business.idntimes.com/finance/fernando-alexander-ong/5-alasan-kenapa-startup-gagal-c1c2/full

Posting Komentar

Rak Minimarket

[Rak Minimarket][carousel1][#e74c3c]

Rak Gudang

[Rak Gudang][carousel1][#8e44ad]

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan.
Diberdayakan oleh Blogger.