Berpindah pekerjaan adalah hal yang wajar. Mungkin karena kamu merasa sudah tidak cocok dengan lingkungan kerja, tidak ada kenaikan gaji, atau ada peluang lain yang lebih menjanjikan. Namun, pastikan dulu bahwa kamu benar-benar sudah bulat dengan tekadmu untuk resign, jangan sampai kamu menyesal belakangan.

Nah, untuk membulatkan tekad, kamu bisa ajukan 8 pertanyaan ini pada diri sendiri. Apa saja ya kira-kira?

1. "Apakah kamu benar-benar sudah muak dengan pekerjaanmu atau sekadar bosan?"


Apa sih yang membuatmu ingin mengajukan resign? Apakah kamu benar-benar sudah muak dengan pekerjaan, emosi sesaat pada atasan dan rekan kerja, atau sekadar bosan saja? Kamu perlu menggali dan mencari tahu dulu apa alasan sebenarnya kamu ingin mengundurkan diri. Jangan hanya karena bosan dan emosi sesaat, lantas kamu memutuskan untuk hengkang.

2. "Apakah sistem di dalam perusahaan sudah tidak bisa diubah lagi dan kamu merasa dirugikan?"


Selain mencari tahu faktor dari dalam diri sendiri, kamu juga perlu menilai keadaan kantormu yang sekarang. Apakah selama ini kamu dirugikan dan sistem kantor tidak bisa diubah lagi? Kalau jawabannya iya, berarti keputusan untuk mengundurkan diri memang sudah tepat.

3. "Apakah selama ini kamu tidak mendapat apresiasi yang semestinya?"


Bekerja itu tidak semata hanya gaji saja, tapi apakah kamu merasa bahagia dengan pekerjaanmu yang sekarang? Apakah kamu mendapat apresiasi dari atasan ketika kamu berprestasi? Atau justru malah mendapat tekanan dan perilaku yang merendahkan? Jika ini yang kamu rasakan, maka kamu memang sebaiknya mengajukan resign secepatnya.

4. "Kamu yakin sudah menyerap semua ilmu dari perusahaanmu ini?"


Selain mendapat gaji bulanan, kamu juga harus mendapat ilmu baru dari pekerjaanmu ini. Pastikan skill-mu terasah dan wawasanmu makin luas setelah bekerja di kantormu yang sekarang. Jika memang masih belum semua ilmu terserap, tahan keinginanmu untuk resign ya.

5. "Sudah siap pindah ke lingkungan baru dan memulai segalanya dari 0?"


Memang rumput tetangga terlihat lebih hijau. Kamu bakal merasa kantor teman lebih asik, pekerjaannya lebih mudah, atau gajinya lebih tinggi. Tapi apa kamu benar-benar sudah pindah dan mulai segalanya dari 0. Jangan sampai setelah resign kamu justru menyadari bahwa perusahaanmu yang sekarang lebih enak daripada perusahaanmu nanti.

6. "Apa kamu yakin ada tempat lain yang membuatmu lebih bahagia daripada perusahaanmu yang sekarang?"


Apakah kamu yakin jika tempat kerjamu sekarang benar-benar membuatmu sengsara? Kamu yakin bisa mendapatkan tempat kerja yang lebih baik dan bisa membuatmu lebih bahagia? Jika iya, maka kamu sudah tepat mengajukan resign sekarang.

7. "Apakah kamu sudah mendapat pekerjaan selanjutnya? Jika iya, apakah lebih baik dari pekerjaan yang akan kamu tinggalkan ini?"


Jangan biarkan ego menguasaimu dan membuatmu bertindak tanpa pikir panjang. Jika ingin resign pastikan kamu sudah mendapat pekerjaan yang selanjutnya. Selain mengamankan kondisi perekonomian, sudah punya pekerjaan yang selanjutnya juga bakal membuatmu gak menyusahkan orang sekitar, terutama orangtua.

8. "Apa kamu yakin gak akan menyesal dengan pilihan resign ini?"


Apakah keputusanmu ini sudah bulat atau masih setengah-setengah? Kamu sudah benar-benar mantap untuk pindah tempat kerja? Jika jawabannya iya tanpa ada alasan yang membuatmu ragu, maka kamu boleh mengajukan pengunduran dirimu secepatnya.

Tambah bertekad untuk mengundurkan diri dari perusahaan atau justru malah ingin bertahan? Apapun keputusannya semoga kamu sukses selalu ya!


sumber : https://life.idntimes.com/career/pinka-wima/8-pertanyaan-yang-harus-ditanyakan-pada-diri-sendiri-sebelum-resign/full

Posting Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.