Kamu yang akan menghadapi dunia kerja, pasti merasakan beberapa kecemasan. Ada pepatah bahwa pengalaman merupakan guru terbaik dalam hidup. Baik atau buruk pengalaman, hal tersebut berawal dari tindakan kita secara langsung.

Peluang kerja kini tak melulu sebatas ijazah, banyak orang sukses yang telah membuktikannya. Kamu harus yakin pada kemampuan dan seberapa kuat kamu mengejar impian tersebut. Kamu harus berpikiran terbuka untuk mengintropeksi diri sendiri dan belajar dari pengalaman-pengalaman tersebut.

1. Mengejar jenjang karir yang salah.


Dalam mengejar sebuah impian, kamu harus tahu dengan jelas impianmu secara terperinci. Kamu tidak bisa hanya memiliki impian ingin sukses, tanpa tahu bagaimana cara mencapainya. Hal ini berpengaruh dalam mengejar jalur karir, semakin pintar kamu menyeleksi, semakin jelas tujuan karirmu. Meskipun tidak mudah dan butuh waktu, kamu pasti bisa menikmati setiap proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Hal yang tidak bisa kamu dapatkan di saat kamu melakukannya karena terpaksa.

2. Bekerja untuk perusahaan yang buruk.


Kerasnya persaingan di dunia kerja, banyak yang terjebak pola berpikir 'pokok keterima dan bisa kerja dulu'. Apalagi bagi para sarjana baru. Tidak ada yang salah dengan pola berpikir tersebut, karena banyak perusahaan yang menuntut pengalaman dibandingkan nilai bagus.  Kamu harus benar-benar menyeleksi calon perusahaan seperti profil perusahaan, lingkungan, jenjang karir, hingga kesehatan keuangannya.

Kamu tidak ingin, kan hanya karena masih belum berpengalaman, kamu ditempatkan di sembarang posisi atau wilayah? Padahal ini kesempatanmu untuk belajar dan menerapkan apa yang sudah kamu pelajari selama ini.

3. Jangan stres karena dipecat.


Dipecat memang menjadi pengalaman buruk, tapi kamu harus tetap berpikiran positif. Kamu dipecat bukan berarti karirmu harus berhenti begitu saja. Kamu bisa benar-benar mengintrospeksi diri dan menjadi lebih baik.

Lihat saja seperti Walt Disney, Oprah Winfrey, dan Steve Jobs. Mereka harus mengalami pahitnya dipecat. Berpikir positif bisa membuat rasa sakit itu menjadi sebuah pengalaman belajar yang hebat. Kamu bakal tersadar bahwa masih banyak hal yang harus dipelajari dan dialami.

4. Menerima penawaran pekerjaan pertama.


Beberapa di antara kamu pasti akan mengalami susahnya mencari pekerjaan. Hingga pada akhirnya, kamu terjebak pada pilihan pekerjaan yang bukan karir kamu inginkan. Hal ini bisa mengajarkanmu banyak hal terutama, tentang uang. Kamu hanya bekerja semata-mata untuk mendapatkan pemasukan.

Kamu akan belajar menghargai sebuah kesempatan bekerja dan mendapatkan penghasilan. Kalau kamu ingin menjadikan pengalaman kerja sementara, bukanlah hal yang salah. Ke depannya, kamu akan memiliki stabilitas keuangan untuk mendukung proses karirmu.

5. Mau kerja keras.


Gak ada salahnya kok kalau di awal kerja, kamu ingin kerja keras hingga batas akhir. Melampiaskan segala usahamu selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Hal ini bisa membantumu fokus dan sebagai pembiasaan baru.

Kamu bisa dengan cepat melewati masa transisi sebagai pengalaman kerja pertama. Hingga pada akhirnya, kamu bisa tahu kapan waktu terbaik untuk meluangkan waktu dan memprioritaskan suatu hal. Kamu bisa bekerja dengan sungguh-sungguh, tanpa adanya beban sebagai "orang baru" atau tanggung jawab baru.


sumber : https://business.idntimes.com/economy/reza-iqbal/kiat-sukses-dari-5-kesalahan-dalam-berkarir-1/full

Posting Komentar

Rak Minimarket

[Rak Minimarket][carousel1][#e74c3c]

Rak Gudang

[Rak Gudang][carousel1][#8e44ad]

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan.
Diberdayakan oleh Blogger.