Agar Bermanfaat, Utamakan THR Untuk Hal-Hal Berikut

Momen Idul Fitri atau Lebaran adalah saat yang sangat dinantikan oleh sebagian besar orang, terutama bagi karyawan, karena saat itu merupakan saat yang paling sempurna untuk berlibur atau sekedar berkumpul bersama keluarga. Pada Idul Fitri, hampir semua kegiatan bisnis dan pusat perkantoran meliburkan karyawannya atau cuti bersama. Selain itu, sekolah-sekolah biasanya juga memasuki masa liburan semester, sehingga masa libur akhir tahun dimanfaatkan oleh banyak keluarga untuk mengunjungi tempat-tempat wisata atau pulang ke kampung halaman bersama keluarga.

Lebaran juga menjadi momen yang spesial bagi pekerja kantoran, karena selain mendapatkan kesempatan cuti bersama. Di masa ini juga hampir semua pekerja kantoran mendapatkan bonus Tunjangan Hari Raya (THR). Biasanya bonus diberikan dalam bentuk uang yang besarnya bervariasi, tergantung masa kerja dan kinerja karyawan tersebut. Meskipun bonus termasuk dalam kategori pendapatan tidak terduga yang besarnya sangat fluktuatif dan merupakan bentuk reward yang diberikan perusahaan atas kinerja kita selama 12 bulan terakhir, namun bukan berarti kita bisa menghambur-hamburkannya untuk hal-hal yang kurang berguna. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu menghabiskan bonus THR secara tepat.

1. Melunasi atau Mengurangi Hutang


Mendapatkan Tunjangan Hari Raya merupakan saat yang tepat bagi kita untuk melihat portfolio keuangan, berapa banyak hutang yang harus kita cicil setiap bulan yang terkadang nyaris meludeskan gaji kita setiap bulan. Gunakan bonus ini untuk mengurangi beban hutang yang harus dibayar setiap bulan atau bahkan jika perlu melunasinya, seperti cicilan kartu kredit, dan cicilan kredit konsumtif lainnya. Dengan mengurangi beban masa cicilan hutang kita, maka kita memiliki kesempatan untuk menata kesehatan keuangan untuk 12 bulan berikutnya.

2. Mengurangi Beban Kewajiban Finansial


Untuk memiliki rumah di kota atau membuka usaha biasanya kita selalu mengandalkan kredit dari bank, baik dalam bentuk KPR maupun Kredit modal dari bank. Setiap bulan kita harus menyisihkan sebagian dari penghasilan kita untuk melunasi cicilan kredit tersebut, belum lagi pengaruh pergerakan bunga bank yang tidak menentu membuat cicilan kredit kita terkadang naik-turun. Untuk alasan inilah, ada baiknya kita menggunakan sebagian dari bonus Idul FItri untuk membayar sebagian dari pokok hutang tersebut agar beban cicilan kita setiap bulan akan berkurang.

Namun, untuk permasalahan kredit ini, terkhusus muslim untuk meninggalkan kredit ribawi yang terdapat di bank atau dimana pun. Disisi lain ini adalah perkara dosa besar, riba pasti dapat mendatangkan bencana finansial.

3. Modal Investasi


Hari gini nggak mikir investasi, ketinggalan zaman! Yah…benar, investasi, kita harus memiliki rencana keuangan untuk jangka pendek dan jangka panjang. Beruntung jika saat ini kita memiliki anak yang masih kecil dan belum memiliki anggaran pengeluaran untuk biaya sekolah yang fantastis. Namun tidak dalam 5 atau 6 tahun ke depan, setelah anak semakin besar dan biaya pendidikan selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Untuk itu, persiapkan sedini mungkin biaya-biaya tersebut agar kita tidak keteteran pada waktunya tiba.

Gunakan sebagian atau berapa pun yang ingin dialokasikan untuk investasi dari bonus Lebaran. Ada bermacam-macam instrument investasi yang bisa di pilih, seperti reksadana, logam mulia, deposito, saham, pasar uang, dan lain-lain. Pelajari setiap instrumen yang kita pilih dengan seksama agar kita siap dengan semua resiko serta konsekuensinya.

4. Sisihkan Untuk Dana Darurat


Memiliki rekening untuk dana darurat merupakan instrument penting yang mau tidak mau harus kita persiapkan. Gunakan bonus Idul Fitri tahun ini untuk menambah atau membuka rekening yang fungsinya sebagai tempat untuk menyimpan dana darurat keluarga. Dengan demikian, kita memiliki akses uang tunai yang dapat digunakan kapan saja, saat berada dalam kebutuhan mendesak, dan cara ini cukup ampuh untuk mengurangi ketergantungan kita pada kartu kredit.

5. Sisihkan Untuk Keperluan Diri Sendiri atau Dana Liburan


Setelah bekerja 12 bulan penuh, kini saatnya kita menikmati masa liburan atau beristirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan sehari-hari. Setelah bonus THR kita alokasikan sesuai dengan rencana keuangan jangka pendek dan jangka panjang, kini saatnya kita menggunakan sisa dari bonus tersebut untuk kesenangan pribadi. Hal ini penting untuk menjaga dan mengembalikan mood kerja kita lebih baik lagi.

Gunakan Sesuai Keperluan


Jangan ragu untuk menghabiskan bonus THR Lebaran untuk pengeluaran yang kita inginkan. Namun, jangan digunakan secara asal-asalan. Fokuskan penggunaannya pada hal yang dianggap memberikan manfaat besar bagi kita dan keluarga untuk masa sekarang dan terutama di masa yang akan datang. Setelah itu, silahkan gunakan untuk hal yang sifatnya kita inginkan seperti liburan.

sumber : https://www.cermati.com/artikel/agar-bermanfaat-utamakan-thr-untuk-hal-hal-berikut

Posting Komentar

Rak Minimarket

[Rak Minimarket][carousel1][#e74c3c]

Rak Gudang

[Rak Gudang][carousel1][#8e44ad]

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan.
Diberdayakan oleh Blogger.