11 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah


Pada saat libur panjang tiba, anda mungkin berencana mudik ke kampung halaman atau sekedar berlibur menghabiskan waktu bersama keluarga ke luar kota. Meninggalkan rumah dalam keadaan kosong tentunya akan menimbulkan perasaan was-was pada diri anda, baik itu karena gangguan dari luar seperti pencuri, ataupun hal-hal yang tidak di inginkan lainnya yang bersumber dari dalam rumah anda sendiri, seperti takut kompor gas meledak,atau penerangan di rumah yang mati dan lainnya.

Beberapa tips berikut ini mungkin akan mengurangi kekhawatiran anda untuk meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk waktu yang lama.

1. Matikan semua lampu yang ada pada ruangan di dalam rumah anda, kecuali lampu teras. Karena jika rumah ditinggalkan dalam keadaan gelap total pun akan mengundang tangan jahil untuk menyantroni rumah anda.

2. Pintu dan jendela harus dipastikan terkunci dengan rapat. Jika anda memiliki system alarm untuk pintu dan jendela akan lebih baik lagi. Tidak ada salahnya juga anda memasang gembok untuk bagian-bagian tertentu, seperti pintu gerbang atau garasi anda.

3. Pastikan tempat sampah yang ada di rumah anda sudah bersih. Jangan sampai ada sampah yang masih tersisa di dalam tmpat sampah, karena jika ditinggalkan untuk waktu yang lama, hal itu akan mengundang lalat dan bau yang tidak sedap.

4. Pindahkan pot-pot tanaman anda ke tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung atau tersiram air hujan langsung. Hal ini penting agar saat kita pergi proses penguapan pada tanaman akan minimal, sehingga tanaman tidak akan mudah mati.

5. Jika anda berencana pergi dengan kendaraan umum, dan meninggalkan mobil anda di rumah, akan lebih baik jika aki mobil di cabut terlebih dahulu. Tidak ada salahnya kunci mobil anda titipkan pada tetangga yang anda bisa percaya, agar saat sesuatu yang tidak di inginkan menimpa rumah anda, masih ada kemungkinan tetangga bisa menyelamatkannya.

6. Matikan semua panel otomatis dan alihkan ke system manual untuk menghindari dari keisengan orang-orang jahil

7. Dapur juga harus diperhatikan jika akan ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama. Pastikan semua perabot dapur dan alat-alat memasak sudah anda cuci dan disimpan di tempat yang seharusnya. Keluarkan isi lemari es, dan pisahkan bahan makanan yang akan mudah membusuk.

8. Periksa semua alat-alat elektronik anda, pastikan semua sudah dalam keadaan mati dan mencabut sakelarnya dari listrik.

9. Pastikan semaua aliran air di rumah anda sudah di tutup dengan sempurna, karena jika masih terbuka sedikitpun jika dlam waktu yang lama akan menjadi pemborosan. Jika anda mneggunakan jet pump otomatis, segera periksa apakah masih terhubung dengan listrik atau tidak.

10. Sebelum berangkat, sebaiknya periksa kembali barang bawaan anda, jangan sampai setelah sampai di tujuan anda baru ingat ada barang yang tidak terbawa. Jika di rasa perlu, buatlah catatan barang apa saja yang anda bawa, pastikan semuanya ada saat berangkat ataupun pulang kembali nantinya ke rumah.

11. Periksa obat-obatan pribadi, alat P3K, surat jalan, tiket, kartu identitas, kartu kredit, uang tunai sebelum Anda berpergian. Sepertinya itu hal yang sepele, tetapi jika anda ketinggalan KTP atau ATM anda saat bepergian, baru akan terasa pentingnya.

12. Jangan sungkan untuk meminta bantuan tetangga jika di rasa perlu. Karena sesungguhnya tetangga adalah saudara kita juga. Maka dari itu menjaga hubungan baik dengan tetangga sangatlah penting, karena merekalah yang pertama menolong kita jika terjadi sesuatu. Mintalah tetangga anda untuk menghubungi anda atau aparat yang berwenang jika melihat sesuatu yang mencurigakan pada rumah anda.

sumber ; http://imagebali.net/detail-artikel/237-hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-sebelum-meninggalkan-rumah.php

Posting Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.