Tips Hemat Memulai Usaha

Hampir semua di antara kita pada saat ingin memulai usaha selalu terhalang dengan permasalahan modal usaha. Tidak ada usaha yang benar-benar bisa berjalan dengan modal nol. Modal yang saya maksud disini bukan hanya modal uang, tapi juga modal-modal lain, entah itu link, pengetahuan, dll. Tapi tidak dipungkiri modal uang merupakan kunci untuk bisa menjalankan usaha. Kita butuh uang untuk membeli bahan, menyewa tempat, mengurus perizinan, dan masih banyak lagi.

Hampir tidak mungkin rasanya kita mengatakan ingin memulai usaha dengan modal nol rupiah. Tapi sangat mungkin jika anda ingin mengatakan saya ingin menggunakan modal saya sehemat mungkin, sehingga tidak terlalu banyak modal yang saya butuhkan di awal atau jika pun nanti dalam keberjalanan usaha ini tidak sesuai dengan rencana alias gagal, maka kerugian pun tidak akan terlalu besar.

Tips Hemat Memulai Usaha


Jadi intinya, dalam tulisan ini saya tidak akan membahas bagaimana memulai usah dengan modal nol seperti banyak artikel lain di internet, tapi saya akan memberikan sedikit saran atau tips yang mungkin bisa membantu pembaca menghemat modal pada awal-awal memulai usaha. Menghemat modal di awal menurut saya merupakan hal yang penting untuk dilakukan, bukan hanya untuk menghindari rugi yang lebih besar, tapi juga untuk berjaga-jaga kita tetap memiliki dana cadangan untuk mendukung operasional usaha kita ke depan agar tetap dapat beroperasi jika seandainya hasil yang kita dapatkan tidak sesuai dengan rencana. Dan tentu saja ini sangat mungkin.

Tips Menghemat Modal Usaha

Berikut ini beberapa tips yang menurut saya dapat kita lakukan untuk menghemat modal usaha pada saat kita memulai usaha:

1. Tempat usaha

Sebelum memikirkan untuk menyewa tempat, sebisa mungkin pertimbangkan apakah usaha ini bisa dilakukan di rumah atau tempat kita sendiri tanpa harus menyewa tempat, itu akan lebih baik. Ini bisa menghemat modal puluhan juta. Tanyakan pada diri kita sendiri, apakah saya harus menyewa tempat untuk dapat menjalankan usaha ini? Kebanyakan usaha dapat dijalankan di rumah atau bahkan saat ini banyak usaha terutama yang online bisa dikatakan tidak butuh tempat.

2. Menyewa sebelum membeli

Ada beberapa peralatan yang kita butuhkan dalam menjalakan usaha kita, ada yang mahal dan ada juga yang merah, ada yang sangat penting untuk bisnis kita dan ada pula yang hanya sebagai penghias atau identitas saja. Untuk semua yang akan kita beli, pertimbangkan terlebih dahulu apakah yang akan kita beli ini krusial untuk kelangsungan usaha kita? Dan apakah bisa jika hanya menyewanya? Ya, jika anda masih bisa menyewa dan menyewa tidak akan atau belum mempengaruhi usaha anda, saya sarankan untuk menyewa terlebih dahulu. Itu pilihan yang lebih murah untuk jangka pendek dan tentu saja mahal untuk jangka panjang. Tapi anda tidak punya pilihan banyak karena mungkin memiliki keterbatasan modal usaha.

3. Iklan Gratis

Sangat jelas saat ini mempromosikan usaha itu semakin mudah. Ada banyak cara yang murah, bahkan gratis, untuk bisa mempromosikan usaha, produk, atau jasa yang anda tawarkan. Misal dengan media sosial, blog, dll. Pikirkan media yang paling mudah dan murah yang bisa menghubungkan anda dengan calon pelanggan.

4. Lupakan yang tidak penting

Untuk awal-awal, lupakan terlebih dahulu untuk membuat kartu nama yang mahal dan abaikan terlebih dahulu untuk membuat website perusahaan. Saya sangat mengerti punya kartu nama dan website perusahaan itu sangat keren dan sebagai identitas perusahaan. Tapi saya rasa itu belum dibutuhkan saat ini. Lebih baik dana untuk membuat kartu nama maupun website digunakan untuk hal-hal yang lebih penting. Terkait masalah website, website yang saya maksud disini adalah website yang hanya sebagai profil perusahaan. Ini tentu saja berbeda jika usaha yang anda kembangkan adalah toko online, maka tentu saja anda harus membuat website toko online anda.

Tips di atas hanya beberapa saja. Tentu jika anda telah menjalaninya, anda akan bisa menentukan mana yang penting dan mana yang tidak penting atau dapat diabaikan terlebih dahulu. Jika ada yang ingin ditambahkan, silahkan tambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat


sumber : https://musyrifah.com/2017/03/13/tips-hemat-memulai-usaha/

Posting Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.