MEMBANGUN KOMITMEN DALAM TIM KERJA

Komitmen adalah salah satu faktor kunci bagaimana berkontribusi terhadap keberhasilan tim. Sejauh mana sebuah tim mencapai target-target kinerjanya, tergantung pada kemampuan pemimpin untuk membangun dan mendapatkan komitmen anggotanya. Jadi bagaimana cara seorang pemimpin membangun komitmen dalam tim?


1. Memberikan kejelasan atas hasil atau target yang ingin dicapai


2. Mengakui prestasi dan kemajuan tim dan anggota. 


Semua orang suka dihargai. Buatlah momen-momen untuk mengakui prestasi tim dan individu di tim secara teratur. 

3. Memungkinkan orang untuk membuat kesalahan. 


Tidak terluput dari kesalahan adalah situasi yang tidak terelakkan oleh siapapun. Dengan anda bersedia membiarkan orang mengambil risiko dan membuat kesalahan, anda akan mendapatkan komitmen yang lebih tinggi dari anggota tim. Yang terpenting adalah anggota bisa belajar dari kesalahan untuk menuju tingkat pencapaian kinerja tim yang lebih baik.

4. Menampilkan diri sebagai sosok pemimpin yang bisa diandalkan. 


Anggota tim perlu mengetahui bahwa mereka dapat mengandalkan anda untuk mendukung mereka dan mengatasi segala hambatan. Dengan mengetahui bahwa anda dapat diandalkan, komitmen anggota tim akan tetap terjaga, bahkan meningkat.

5. Belajarlah untuk mendengarkan.


Anda mungkin memiliki banyak ide sendiri, tetapi penting bagi anda untuk menjadi pendengar yang ahli. Anda harus lakukan ini untuk mendapatkan manfaat dan komitmen yang maksimal dari anggota tim. Salah satu manfaat nyata dari sebuah tim adalah sejumlah gagasan yang mereka hasilkan. 

6. Beradaptasilah. 


Sebagai pemimpin Anda harus mampu beradaptasi dan membantu menemukan solusi yang terbaik dari semua pilihan yang tersedia untuk Anda.

Membangun komitmen membutuhkan waktu, usaha dan energi. Jika Anda ingin tim Anda untuk memberikan hasil yang terbaik, fokuslah pada membangun komitmen.



sumber ; http://rachmatsoegiharto.blogspot.co.id/2013/04/membangun-komitmen-dalam-tim-kerja.html

Posting Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.