BERANI BEDA

Apakah Anda berani untuk menjadi “berbeda” sebagai entrepreneur?

Ada 2 kualitas penting yang akhir-akhir ini jarang sekali ditemukan dalam diri seorang entrepreneur, yaitu: berani berbeda (think different) dan mencintai apa yang dikerjakan.

Hampir semua bisnis yang sukses besar (mega bisnis) adalah bisnis yang justru berlawanan dengan pendapat para expert/ahli. Lihatlah perjalanan awal Tokopedia atau Kaskus. Berapa banyak orang yang percaya mereka akan menjadi sukses saat awal mereka merintis usaha tersebut.

Beberapa alasan mengapa entrepreneur seperti itu jarang ditemukan karena:

  • Kebanyakan orang selalu mencari pendahulu daripada menjadi pendahulu, mencari pembuktian daripada membuktikan sendiri. Kebanyakan orang baru berani mencoba jika sudah banyak orang yang sukses terlebih dahulu dibidang yang sama ketimbang menjadi early adopters. Memilih menunggu daripada menjadi pendahulu, terlalu lama ragu dan selalu mencari justifikasi daripada langsung memulai. Kalaupun kita menjelaskan kepada mereka mereka bahwa orang lain bisa sukses dengan menjadi pionir, mereka akan selalu membuat justifikasi bahwa mereka sukses memang karena memiliki keuntungan yang mereka tidak miliki, daripada melihat adanya peluang kalau mereka juga bisa belajar lewat pengalaman pionir tersebut.
  • Sistem pendidikan yang mayoritas berorientasi kepada nilai/ipk dan sesuatu yang pasti, sehingga menyebabkan kurangnya pengambilan resiko pada sesuatu yang tidak pasti. Kebanyakan orang lebih peduli pada hasil, bukan proses. Bekerja mengikuti arus, bukan melawan arus. Dan yang paling fatal adalah kita diajarkan untuk takut salah, mayoritas pendidikan membuat kita menjadi takut menghadapi kegagalan dan mengambil resiko.
  • Kebanyakan orang lebih suka disuapi dengan apa yang sudah ada, ketimbang berpikir out of the box. Karena bagi mereka berpikir kreatif itu melelahkan dan tidak sejalan dengan status quo yang ada. Terlebih adanya social pressure terhadap mereka yang “berbeda” sehingga menimbulkan kesan bahwa menjadi beda itu salah/berbahaya.
Namun itu semua tidaklah benar, berbeda itu baik, hanya saja Anda perlu melakukannya sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku. Tetaplah berpikir out of the box, tetapi eksekusi inside the box. Untuk Anda yang mau mencoba menjadi berbeda, pelajarilah poin-poin berikut:

1. Think different


Salah satu kualitas terpenting seorang entrepreneur adalah kemampuan untuk tidak terbawa “opini umum” dan berani bertaruh pada pilihannya sendiri. Lucunya adalah terkadang apa yang orang mau bukanlah apa yang mereka inginkan. Masyarakat tidak sungguh-sungguh tahu persis apa yang mereka inginkan sampai pilihan itu diberikan dihadapan mereka.

Itulah sebabnya Henry Ford pernah berkata jika Anda bertanya pada customer tentang apa yang mereka inginkan, maka mereka akan menjawab “kuda yang lebih cepat”.

So, you wanna be different? Then think differently, buatlah sesuatu yang benar-benar baru apapun itu.

  • Jika Anda blogger, buatlah blog dengan tema baru seperti handsome blogger (karena beauty blogger sudah terlalu mainstream), parkour blogger, dan semacamnya.
  • Jika Anda youtuber, buatlah video parodi tentang stand up comedy atau parodi acara lawak kontroversi yang sering Anda lihat di TV, atau me-remix semua video/lagu yang sudah ada menjadi parodi seperti yang dilakukan youtuber Eka Gustiwana.
  • Jika Anda online shop, cobalah jual barang baru yang belum pernah dijual oleh toko online manapun.
  • Atau cobalah jutaan ide berbeda lainnya yang ada dikepala Anda sekarang.

2. Love what you do


Tidak diragukan lagi semua pendiri bisnis yang sukses pasti mencintai pekerjaannya, bukan sekedar mencari kekayaan/harta, mereka sukses karena mereka melakukan apa yang mereka cintai (passion), mereka menemukan passion mereka dan mereka berani bertaruh untuk hidup dari memperjuangkan passion tersebut tanpa banyak kompromi (berapa banyak orang yang berani seperti itu?). Di dunia yang penuh dengan kesempatan ini, kemauan untuk memperjuangkan passion dengan berbagai cara serta menerima konsekuensinya adalah sesuatu yang sangat langkah.

Tentu tidak semuanya berujung pada keberhasilan. Pasti ada pula mereka yang gagal memperjuangkan passionnya dan berhenti, tetapi setidaknya kita dapat mempelajari sesuatu dari mereka yang terus berusaha mewujudkan mimpinya sampai akhir. Kebahagiaan dari menjalani kehidupan seperti yang mereka inginkan/sukai. Tentu ini semua tidak bisa dibayar sekedar dengan uang.

3. Social pressure


Tentu tidak semua orang akan sejalan dengan pemikiran Anda yang berbeda, tekanan sosial akan semakin tinggi dan beberapa akan mulai menjauhi Anda, karena mereka tidak benar-benar paham akan apa yang ingin Anda capai. Bisakah Anda tidak mempedulikan semua itu? Belajarlah untuk mengabaikan hal tersebut karena pada akhirnya tidak ada yang peduli dengan tujuan Anda (setiap orang punya mimpinya masing-masing). Tidak banyak orang memiliki waktu untuk peduli terhadap orang lain didunia yang semakin ramai ini.

4. Money


Anda tidak bisa memakan passion Anda. Jangan berpikir “yang penting gue ikutin passion gw, bodo amat besok mau makan apa, bodo amat ini ngasilin duit apa engga”. Tetaplah realistis, bukan asal bertindak tanpa berpikir. Minimal setidaknya Anda memiliki uang untuk bertahan hidup selama setahun atau lebih, karena biaya dari passion itu terkadang bisa tidak murah.

Beberapa entrepreneur sukses juga kebanyakan memulai dengan bekerja terlebih dahulu, karena sukses datang secara perlahan, sedangkan uang mengalir keluar begitu cepat. Be smart, rencanakanlah sejak awal sebelum Anda memperjuangkan passion Anda. Jika memang belum saatnya, mulailah mengumpulkan uang dengan cara apapun (yang halal).

5. Success


Terakhir adalah bagaimana Anda memandang kesuksesan itu sendiri? Apakah Anda sukses jika menghasilkan banyak uang, atau Anda sukses karena sudah melakukan apa yang ingin Anda lakukan (your dream). Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda, everybody is dreamer, everybody struggle, semua orang juga memiliki mimpi dan passionnya masing-masing dan sedang berjuang mati-matian untuk kehidupannya.

You define your own success.

Bagaimana jika setelah melewati itu semua Anda berakhir dengan kegagalan? Masihkah Anda ingin mencoba? Masihkah Anda ingin kembali memulai dari awal lagi? Mampukan Anda bertahan? Seberapa kuat passion Anda mendorong Anda untuk kembali lagi dan lagi?

Ingatlah baik-baik kalimat ini:

Memang bagus memiliki hasil akhir yang baik, tetapi pada akhirnya perjalanannya itulah yang penting. Tidak peduli seberapa kacaunya hidup Anda karena menjadi “berbeda” atau seberapa sulit hidup Anda nanti, ingatlah untuk tetap menikmati perjalanannya dan terus mengikuti passion Anda (follow your heart).

Karena hanya ada 2 cara untuk menjalani hidup ini yaitu:

  • Mewujudkan mimpi Anda, atau
  • Membantu orang lain mewujudkan mimpi mereka
Choice is yours


sumber : http://solusik.com/berani-beda/

Posting Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.