BAGAIMANA CARA MENCARI PASSION ANDA

Sering kita mendengar kata Passion, sebenarnya apa sih arti sesungguhnya dari Passion. Bahkan ditempat kerjaan sekalipun, passion Anda apa?, atau mungkin dalam diri sendiri kita sering bertanya: sebenarnya passion saya apa ya?. hmm

Passion adalah sesuatu yang kita tidak pernah bosan untuk melakukannya.
Passion adalah dimana kita akan mengorbankan segala hal untuk mencapai itu.
Passion adalah sesuatu yg dikerjakan dengan ikhlas, tanpa paksaan dan suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar manusia
Passion adalah dimana kita tidak memikirkan untung dan rugi.
Passion adalah ketika kita melakukan hal itu begitu saja dan lupa dengan hal yang lain.
Passion adalah sesuatu yang sangat kita sukai, sesuatu yang bisa kita lakukan berjam-jam tanpa kita merasa capek.

Seseorang yang memiliki passion akan terus menerus memikirkan, built-in dalam dirinya, untuk mewujudkan sesuatu, dan ia tidak pernah akan berhenti sebelum sesuatu itu terjadi. Tiada hari tanpa memikirkannya, day and night, setiap saat, never without it. dia tidak akan pernah menyerah, never give-up.ita sering sekali mendengar bahwa kunci sukses adalah menemukan passion dan memperjuangkan passion tersebut sampai kita sukses (kita anggap sukses disini = kaya*). Namun sebagian besar dari kita terkadang salah dalam mengartikan passion dan juga salah dalam cara mencari passion tersebut.

Bisa dikatakan passion Anda terhadap sesuatu itu sama seperti cinta kita kepada seseorang, beberapa persamaannya:

  • Tidak dapat dijelaskan mengapa dan bagaimana (you just love doing it)
  • Membuat Anda merasa bahagia dan betul-betul hidup
  • Anda sungguh-sungguh mau dan rela berkorban untuk melakukannya
  • Sama seperti cinta, bukan berarti hal itu akan membuat Anda selalu bahagia 24 jam/7 hari (but it’s worth suffering for)

Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

Passion = hasil


Ada passion maka ada hasil, contoh jika Anda mencoba bermain basket lalu Anda merasa mudah dan belajar lebih cepat dari yang lain, Anda sadar bahwa skill Anda lebih hebat dari pemain-pemain lainnya, dan hal ini membuat Anda belajar lebih dalam lagi, mengembangkan skill dan latihan terus-menerus. Semua hasrat itu adalah passion, Anda merasakan hasilnya dan terus kembali untuk memperdalam passion Anda.

Sedangkan jika Anda frustasi/stress terhadap sesuatu, maka sampai kapanpun Anda tidak akan memiliki passion dalam hal tersebut, Anda bisa beradaptasi tetapi secara insting Anda akan terus berupaya untuk menghindarinya dan dijamin Anda tidak akan pernah berkembang.

Sebagian orang salah dalam mengira bahwa pertama kita harus mencari passion terlebih dahulu lalu kita akan sukses… No it’s wrong.. Carilah sesuatu yang membawa kesuksesan/hasil terlebih dahulu, ingat passion datang dari hasil.

Hasil (result) disini bisa berupa uang, skill, pengalaman, pengetahuan, rasa bahagia dan dampak/manfaat untuk orang lain.

Passion = spesial


Untuk merasa passion terhadap sesuatu maka Anda harus merasa spesial dalam hal tersebut, contoh jika Anda seorang pemain bulu tangkis yang hebat di SMA, Anda merasa passion Anda ada disana, lalu begitu masuk universitas ternyata banyak pemain-pemain bulutangkis dengan level kemampuan jauh diatas Anda, apalagi melihat skill-skill pemain kelas nasional/dunia, Anda merasa skill Anda bukanlah apa-apa, begitu Anda merasa biasa-biasa saja (tidak spesial) passion Anda akan surut.

Anda perlu merasa spesial untuk menemukan passion Anda, dan untuk merasa spesial Anda harus:

  • Menyukai/mencintai apa yang Anda lakukan
  • Dihargai (baik secara materi dan non-materi)
  • Ahli/hebat dalam hal tersebut
Berikut cara-cara yang perlu Anda lakukan untuk mencari passion Anda…

1. Ikuti tren yang ada/baru


Semakin tua dan stabil suatu area/bidang/industri yang ada maka semakin banyak orang yang ada disana dan semakin sulit untuk kita berkompetisi. Sudah ada jutaan orang disana, dan semakin kecil kesempatan untuk menjadi spesial yang artinya semakin kecil kemungkinan passion Anda ada disana.

Beruntungnya dijaman modern seperti ini, selalu ada peluang-peluang baru, seperti youtuber, blogger, toko online, vinegram, apps, dan lain-lain.

Peluang-peluang baru dimana belum banyak orang yang mencobanya dan skill/kemampuan biasa dapat menjadi luar biasa (karena kompetisi yang ada masih sedikit).

Lihatlah tren yang ada di Indonesia seperti youtuber, bayangkan Anda membuat video tutorial atau video lucu di youtube, dan dengan berkembangnya internet di Indonesia, setiap harinya ada ribuan bahkan puluhan ribu viewers yang menonton video-video Anda, terlebih Anda dapat hidup dari melakukan apa yang Anda suka.

Sudah banyak orang Indonesia yang menjadikan youtuber sebagai profesi utamanya, dan kebanyakan dari mereka memulai disaat orang lain belum melakukannya. Jika Anda menemukan suatu tren yang sedang berkembang pesat dan belum banyak orang terlibat dalam hal tersebut, segera ahlikan diri Anda dalam hal tersebut secepat mungkin, Anda akan merasa cepat berkembang dan spesial karena minimnya kompetisi dan mungkin passion Anda ada disana.

Jangan lupa bahwa passion = hasil, jika apa yang Anda lakukan tidak membawa hasil yang baik segera cari tren lainnya.

2. Ciptakan sesuatu (create something)


Kebanyakan orang mengira bahwa mencari passion itu seperti memilih produk dari rak toko, pada kenyataannya adalah passion dapat diciptakan bukan sekedar ditemukan saja. Saat Anda menciptakan sesuatu yang baru, kemungkinan juga Anda sedang menciptakan passion Anda sendiri. Hal-hal yang tidak diajarkan disekolah seperti entrepreneurship membuka kesempatan Anda menjadi sangat-sangat luas untuk menemukan passion Anda.

Dengan menciptakan sesuatu yang baru, Anda akan merasa spesial dari yang lain dan jangan lupa bahwa passion = hasil, artinya biarpun Anda spesial dalam hal tersebut Anda tetap membutuhkan hasil untuk terus maju memperjuangkan passion tersebut.

katakan Anda sedang menciptakan channel youtube berupa konten edukasi dengan animasi sederhana untuk masyarakat Indonesia, jika dalam setahun Anda hanya memiliki 10 subscribers maka lebih baik Anda berhenti karena Anda tidak akan memiliki passion dalam hal tersebut. Tetapi jika Anda memiliki 1 juta subscribers dalam setahun, that’s your new passion. (ingat hasil tidak selalu tentang uang, uang bisa datang dari mana saja jika Anda memiliki value dalam passion Anda)



Sebagian orang terlalu cepat menyerah dalam memperjuangkan passionnya karena tidak melihat hasil (baca: uang) dalam usahanya dan terlalu fokus pada “uangnya” bukan pada “passionnya”. Contohnya Kaskus yang pada awal perjalanannya tidak menghasilkan uang sama sekali tapi sekarang menjadi forum no.1 di Indonesia. It’s always slowest at the start, and that’s why most people give up, and that’s mean they give up their passion.

Bukan berarti uang itu tidak penting, tetapi nilai dari passion Anda lebih dari sekedar uang, yang artinya jika Anda memiliki uang lebih maka biayailah passion Anda. (sama seperti cinta, passion juga butuh biaya dan pengorbanan baik materi dan non-materi)

3. Kombinasikan sesuatu

Anda seorang lulusan DKV dengan skill yang biasa-biasa saja, dan Anda memiliki selera humor yang sesuai dengan anak-anak muda khususnya di social media, Anda bisa menjadi seorang kartunis membuat komik strip lucu (seperti komik juki) atau membuat video lucu singkat seperti di instagram dan membuat kompilasi video-video pendek tersebut ke channel youtube Anda.

Walaupun skill Anda biasa-biasa saja, tetapi kombinasi membuat Anda menjadi spesial (hampir semua orang hebat merupakan kombinasi dari banyak skill/kemampuan, mereka tidak bergantung hanya pada 1 kemampuan saja), jika kombinasi memberikan hasil yang lebih baik, mungkin disanalah passion Anda berada.

Ini merupakan langkah terakhir untuk menemukan passion Anda, gabungkanlah apa yang Anda punya, kombinasikan sesuatu dan perbanyak ilmu & pengalaman yang Anda punya.

Lalu apakah passion itu dibutuhkan untuk meraih kesuksesan (kaya*)…?

Ya, passion itu penting namun bukan segalanya (it’s one thing not everything), passion hanyalah salah satu cara untuk menjadi kaya bukan satu-satunya cara untuk menjadi kaya.

Lalu bagaimana cara menjadi sukses (kaya*)…?

The ugly truth is, tidak semua orang bisa menjadi sukses/kaya, faktor keadaan dan keberuntungan juga sangat berpengaruh, tetapi 2 kunci sukses yang menurut saya paling masuk akal adalah:

  1. Manfaatkan semua yang Anda punya (jangan menyalahkan/meratapi keadaan)
  2. Teruslah berusaha sampai sukses (jangan menyerah)
Mereka yang menang bukanlah orang yang memiliki kemampuan/keadaan yang lebih baik, tetapi mereka yang mampu memanfaatkan semua kemampuan/keadaan mereka dengan lebih baik. (It’s not about better skill, but better use of the skill). Dan jangan menyalahkan keadaan, karena tidak ada gunanya, tidak akan ada yang berubah selama Anda terus menyalahkan keadaan.

Isi artikel ini adalah tentang bagaimana mencari passion Anda, bukan tentang kekayaan atau kesuksesan.

Mengapa passion itu penting?

Karena passion itu seperti cinta, passion mungkin tidak membuat Anda kaya tetapi passion membuat Anda bahagia, membuat Anda merasa spesial, membuat Anda termotivasi, membuat Anda terinspirasi, membuat Anda rela berkorban dan passion pantas untuk diperjuangkan.

Sama seperti cinta, passion Anda begitu penting dan tidak dapat dinilai sekedar dengan uang, jika Anda belum menemukan passion Anda, ikuti tren yang ada, ciptakan sesuatu, dan kombinasikan sesuatu. Dan yang paling penting adalah jangan pernah berhenti mencari passion Anda.


sumber : http://solusik.com/bagaimana-cara-mencari-passion-anda/

Posting Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.