3 Alasan Kenapa Kamu Tidak Akan Pernah Memulai Usaha Sendiri

Banyak mungkin diantara kita yang ingin menjadi pengusaha. Bermimpi dapat menjadi bos untuk diri kita sendiri dan mengerjakan pekerjaan yang kita sukai. Tapi kenyataannya banyak orang yang bermimpi menjadi pengusaha berakhir hanya sekadar mimpi saja. Tidak melakukan apa-apa untuk mimpinya, bahkan mencoba pun mungkin tak pernah.


Tapi apa yang membuat kita tidak berani atau tidak memulai usaha kita sendiri meskipun kita ingin? Berikut ini tiga alasan yang mungkin membuat kita tidak akan pernah memulai usaha kita sendiri.

1. Tidak tau harus memulai bisnis apa dan bagaimana

Banyak diantara kita yang ingin memiliki usaha sendiri karena melihat kesuksesan pengusaha-pengusaha yang sudah besar dan terkenal. Tapi tidak sedikit diantara kita yang ingin memulai usaha tapi tidak tau harus memulai usaha apa. Ada juga yang sudah tau dengan pasti usaha yang ingin dimulainya tapi tidak tau bagaimana cara memulainya, harus mulai dari mana, dan bagaimana.

Jika anda termasuk orang yang ingin memulai usaha karena melihat keberhasilan orang-orang yang telah sukses merintis usahanya dari kecil hingga menjadi besar, saya sarankan untuk tidak hanya fokus pada hasil akhirnya (kesuksesannya) tapi juga sebaiknya juga belajar dari jatuh bangunnya pengusaha tersebut dalam membesarkan usahanya. Belajar bagaimana mereka memulai, tantangan apa yang mereka hadapi, dan bagaimana mereka menghadapi tantangan tersebut.

Tidak dipungkiri salah satu cara belajar yang baik adalah belajar dari pengalaman orang lain. Jadi jika anda ingin memulai usaha dan tidak tau usaha apa yang ingin adan mulai, belajarlah dari orang lain, usaha apa yang mereka mulai yang mungkin sesuai dengan bakat dan minat anda. Belajar dari pengalaman mereka, bagaimana mereka memulai, dan yang paling penting jangan hanya belajar pada orang yang berhasil menjalankan bisnisnya, belajarlah juga pada orang-orang yang gagal atau pernah gagal. Belajar dari kegagalan mereka untuk menghindari kegagalan yang sama yang mungkin terjadi pada saat anda memulai usaha.

2. Tau tapi menunda-nunda

Alasan kedua anda tidak akan pernah memulai usaha sendiri adalah menunda. Menunda sampai lulus kuliah, menunda sampai sudah mengumpulkan modal yang banyak, menunda sampai punya pengalaman, dan banyak alasan menunda lainnya.

Jika usaha diibaratkan perjalanan, bukankah memulai lebih awal lebih baik? Dengan memulai kamu akan belajar lebih awal dari yang lainnya, belajar bukan hanya teori tapi juga dari pengalaman. Jadi untuk apa menunggu sampai punya pengalaman jika kamu dapat memulai dan belajar dari pengalaman yang sebenarnya?

3. Takut

Alasan ketiga anda tidak akan pernah memulai usaha sendiri adalah takut. Takut gagal, takut dinilai rendah, dan alasan takut lainnya. Takut gagal merupakan hal yang menurut saya pasti dipikirkan semua orang sebelum memulai usaha. Tentu saja tidak ada diantara kita yang ingin gagal atau merencanakan untuk gagal. Untuk alasan takut gagal ini saya rasa ada baiknya juga, karena dengan takut gagal kita akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik agar tidak gagal atau jika pun gagal kita tidak rugi terlalu besar dan tetap dapat pelajaran berharga dari apa yang kita kerjakan.

Salah satu alasan takut lainnya adalah takut mendapat penilaian jelek dari orang lain atau masyarakat. Misalnya, kamu seorang mahasiswa perguruan tinggi ternama dan kamu bisa saja melamar pekerjaan di BUMN ternama setelah lulus, tapi kamu malah memilih membuka warung bakso. Sangat mungkin memang orang lain akan berpendapat negatif tentang kamu. Mungkin akan ada yang berkata, “Kuliah tinggi-tinggi tapi ujung-ujungnya jadi penjual bakso juga”.

Dua hal yang harus kamu ingat jika takut dinilai negatif oleh orang lain, yang pertama, kesuksesan itu tidak ada yang benar-benar terjadi dalam satu malam, jadi mau tidak mau kamu harus memulainya dari bawah. Kedua, apa yang orang lain pikirkan dan katakan tentang kamu, itu hak mereka, anda tidak bisa merubah itu dan (perkataan atau pemikiran) mereka tentu saja tidak bisa merubah apapun yang kamu lakukan. Kasarnya, untuk apa memikirkan perkataan orang lain, toh kamu tidak hidup karena mereka atau atas bantuan mereka.


sumber : https://musyrifah.com/2017/03/09/3-alasan-kenapa-kamu-tidak-akan-pernah-memulai-usaha-sendiri/

Posting Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.