Pentingnya Seorang Pramuniaga Profesional


Pramuniaga merupakan SDM dasar dari Usaha Minimarket, dimana semua pelajaran tentang retail harus melewati tahapan ini.Memang dipandang sebelah mata, jika kita sering berbalanja ke Supermarket ataupun minimarket bahkan di toko kelontong pasti ada orang yang melayani kita biasanya pekerjaannya mendisplay produk & menjaga pada pos-pos tertentu.

Semua para marketer kelas dunia harus melewati ini, cara mendisplay produk sesuai kategorinya, bahkan harus menghafal harga serta struktur profitnya tapi tugas yang paling pokok dari pramuniaga pastinya Customer Service.merekalah yang menjadi ujung tombak berhadapan langsung dg para customer, fatal akibatnya jika sebuah Minimarket mempunyai Pramuniaga yg buruk servisnya bisa anda bayangkan bukan? customer anda mungkin tidak mau lagi datang ke toko anda lebih dari itu menurut Survey dari  Tech Asst Research program – White House, customer anda akan :


  • 90% tidak membeli lagi
  • Menceritakan ketidakpuasan kepada 9 orang lainnya
  • 13% dari yang mendengar akan menceritakan kepada lebih dari 20 orang lainya
  • Dibutuhkan biaya 5x lipat (Waktu, Usaha,tenaga, dan uang) untuk mengembalikan kepercayaan perusahaan


Amat dahsyat bukan, betapa besar efek yag ditimbulkan dari sekedar Customer Service.
Langsung saja anda Praktikkan Job decription Pramuniaga minimarket dibawah ini :
TUGAS & TANGGUNG JAWAB :


  1. Memajang barang dengan mendahulukan mengisi rak/display yang stoknya kosong sesuai dengan sistem FIFO (First In First Out) dan tanggal kadaluarsa (Exp. Date) terutama untuk produk makanan, minuman dan obat-obatan.
  2. Memajang sesuai dengan pengelompokkan barang (grouping) dan disesuaikan dengan ukuran, warna, besar packing/barang dan tidak menutupi barang yang ada didekatnya.
  3. Memajang barang sesuai dengan besarnya ruang pajang yang disiapkan dan dilakukan pengontrolam dengan teliti secara teruS menerus untuk menghindari kehilangan (srinkage).
  4. Memasang label dan tiket penunjuk harga/price tag diletakan secara benar dan lengkap, bertepatan dengan penempatan pemajangan barang (kiri bawah barang).
  5. Memindahkan barang yang rusak dari display ke tempat yang telah ditentukan.
  6. Menjaga kebersihan dan kerapian atas barang dan tempat display.
  7. Memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada customer, baik informasi secara langsung atau yang benar-benar membutuhkan.
  8. Monitor Stock barang setiap hari, untuk memaksimumkan penjualan, dengan cara cek stock barang didisplay catat yang kosong laporkan kepada Supervisor/Senior Staff
  9. Selalu memonitor Stock barang, dan mengisi kembali jika didapatkan kekosongan pada display.
  10. Melakukan pengecekan dan penggantian tiket harga / price tag dan signage, atas informasi barang yang mengalami perubahan harga dan memastikan tiket harga sudah terpasang sesuai dengan penempatan barang.
  11. Melakukan kontrol/ penyisiran terhadap semua barang rusak atau bermasalah, serta mengembalikan semua barang-barang  batal yang ditinggalkan oleh customer untuk dikembalikan ke tempat semula.
  12. Bertanggungg jawab penuh terhadap srinkage dan kehilangan barang.
  13. Bertanggungg jawab terhadap Senior Staff/Kepala Toko/Supervisor.


sumber : http://kreatiftanpabatas.blogspot.co.id/2012/10/job-description-pramuniaga-minimarket.html

Posting Komentar

Rak Minimarket

[Rak Minimarket][carousel1][#e74c3c]

Rak Gudang

[Rak Gudang][carousel1][#8e44ad]

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan.
Diberdayakan oleh Blogger.