[Copywriting] Rahasia Menulis Judul Yang Menarik Pembeli – Gunakan 3 Pemicu

[Copywriting] Rahasia Menulis Judul Yang Menarik Pembeli – Gunakan 3 Pemicu

Jika judul Anda tidak menarik perhatian, maka orang tidak akan membaca halaman penjualan (sales page) Anda.

(Hukum Pareto berlaku : Hanya 8 dari 10 orang yang membaca judul dan hanya 2 yang meneruskan membaca sisanya). Dan mereka yang tidak membaca penawaran Anda, dipastikan tidak akan membeli produk Anda.

Nah, sekarang Anda tahu, betapa krusialnya fungsi judul dalam salinan penjualan Anda. Begitu krusialnya hingga legenda periklanan, David Ogilvy mengaku menghabiskan 80 % waktunya menulis iklan (promo produk) hanya untuk mencari judul yang tepat.

Sekarang pertanyaaannya, bagaimana cara membuat judul yang menarik minat orang ?
Gunakan pemicu. Tepatnya 3 pemicu. Mari saya tunjukkan.

Judul Yang Menarik Belum Cukup, Anda Butuh Judul Yang Memicu

Jika Anda menginginkan seseorang melakukan tindakan, Anda harus menguasai psikologi tentang orang. Dalam perkara membuat judul, Anda perlu mengetahui faktor-faktor yang memicu orang untuk membaca judul Anda dan meransang minat mereka membaca sisa salinan penjualan Anda.
Apa saja faktor-faktor pemicu itu ? Berikut 3 diantaranya :

Pemicu #1 Menawarkan Manfaat GANDA

Ini aturan dasar dalam copywriting. Seorang copywriter pemula harus tahu bahwa orang tidak membeli produk. Orang membeli manfaat. Orang membeli tidur nyenyak, bukan spring bed.
Wanita membeli wajah putih, bukan krim. Karena itu, hampir semua judul salinan penjualan berbasis manfaat, bukan produk. Berikut contohnya :

"Ingin Wajah Anda Tampak Putih Merona Dalam Waktu Singkat ?"

Sepertinya bagus, Tapi judul diatas lemah. Manfaatnya kurang nyata. Mari kita perjelas manfaat nyata produk tersebut.

"Ingin Wajah Anda Tampak Putih Merona Dalam 7 Hari ?"

Jumlah hari membuat manfaat produk lebih nyata dimata konsumen. Tapi judul diatas masih kurang menjual. Saya akan memberikan Anda, satu rahasia kecil untuk menguatkan judul diatas. Mungkin konsumen masih bisa mengabaikan jika Anda hanya menawari mereka satu manfaat. Tapi bagaimana jika Anda menawari mereka 2 manfaat sekaligus ? (Sekarang Anda mendapatkan perhatian mereka). Mari kita terapkan rahasia ini pada contoh judul sebelumnya :

"Ingin Wajah Anda Tampak Putih Merona Dalam 7 Hari, Plus Hadiah Liburan Ke Korea Bersama Ra**ha ?"

Pemicu #2 Mengingatkan Konsekuensi Yang Ditanggung

Judul Anda mudah menarik perhatian orang, jika Anda mengingatkan konsekuensi yang harus mereka tanggung. Contohnya judul untuk menjual alat penyaring air minum :

"Apakah Anda Yakin Air Yang Anda Minum Bebas Kuman ?"

Tapi bagaimana jika Anda meningkatkan derajat konsekuensinya ? Bayangkan ini, Seorang ayah/ibu mungkin bisa mengabaikan konsekuensi jika itu menyangkut dirinya, TAPI ceritanya akan berbeda ketika konsekuensi itu harus ditanggung oleh anak-anaknya. Karena itu, Anda bisa mengubah judul diatas menjadi :

"Apakah Anda Yakin Air Minum Anak Anda Bebas Kuman ?"

Pemicu #3 Menciptakan Urgensi

Jika seorang prospek menunda membaca salinan penjualan Anda, kecil kemungkinannya dia akan kembali. Jadi jangan biarkan mereka menunda. Caranya dengan menekankan urgensi, seperti diskon berbatas waktu atau dalam istilah Feni Rose, ‘harga naik setelah hari senin’.
Contoh judulnya seperti ini :

"Miliki Rumah Tipe 100 Dengan Harga Lebih Murah 20 % Untuk Pembelian Sebelum Tanggal . . ."

Selain diskon (penghematan), Anda juga bisa menciptakan urgensi dengan menawarkan hadiah terbatas waktu. Contohnya dalam judul seperti ini :

"Miliki Rumah Tipe 100 Plus Hadiah 1 Unit Sepeda Motor Khusus Untuk 10 Pembeli Pertama"

Siapa yang ingin menjadi pembeli ke-11 ?


sumber : http://writepreneurs.com/menulis-judul-copywriting/

Posting Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.