Manajemen Pergudangan dan Strategi Untuk Perencanaan Barang

Manajemen Pergudangan dan Strategi Untuk Perencanaan Barang

Apakah perusahaan yang anda bangun memiliki gudang, sudah tepatkah anda mengatur gudang tersebut? Manajemen pergudangan itu penting bukan hanya sekedar teori saja. Bahkan anda akan lebih mudah mengoperasikan usaha dengan adanya gudang. Apakah mungkin tanpa gudang anda bisa menyimpan bahan baku dan barang hasil produksi perusahaan?

Jelas gudang berpengaruh besar terhadap perusahaan bahkan tanpa gudang belanja dan produksi barang berapapun akan sulit dikendalikan. Pengendalian dan pengaturan barang inilah yang menjadi sebab mengapa manajemen pergudangan harus dilakukan dengan baik. Pengendalian barang dalam perusahaan amatlah penting lebih-lebih jika perusahaan berskala besar. Tidak mungkin bila anda sebagai manager bisa mengendalikan dan memantau barang di gudang sendiri.

Jika kita amati memang setiap perusahaan memiliki gudang dan ada satu divisi yang difungsikan untuk mengelolanya. Namun divisi ini tetap berhubungan dengan divisi lain dalam perusahaan tersebut. Manajemen pergudangan merupakan suatu ilmu yang mengatur penyimpanan dan pengeluaran barang pada gudang. Dalam pelaksanaannya manajemen ini merupakan proses dalam pengaturan dan pengawasan barang yang masuk di gudang dan barang yang keluar dari gudang. Tentu saja hal ini harus dilakukan secara teliti dan tepat. Barang yang masuk di gudang merupakan aktiva lancar dalam perusahaan yang digunakan untuk berproduksi setelah diolah menjadi barang jadi. Manajemen pergudangan sendiri bisa dilakukan oleh satu divisi yang memiliki tugas tertentu.

Manajemen pergudangan ini tidak lepas dari berbagai kegiatan yang ada didalam gudang seperti penyimpanan barang, pengeluaran barang, pengepakan barang, dan pengembalian barang (retur barang). Saat perusahaan membeli bahan baku, proses penyimpanan barang dilakukan di gudang dengan pencatatan administrasi tertentu.
Pengeluaran barang di gudang meliputi pengeluaran bahan baku untuk proses produksi, pengeluaran barang setengah jadi untuk diproduksi kembali dan juga pengeluaran barang yang telah diproduksi untuk dipasarkan. Kadang manajemen pergudangan ini juga meliputi pengemasan terhadap produk yang telah diproduksi sebelum dipasarkan pada konsumen. Semua aktivitas tersebut saling berkaitan dan tidak akan putus selama perusahaan tetap berproduksi.

Beberapa hal penting dalam manajemen pergudangan diantaranya:

1. Pemeriksaan keluar masuknya barang

Keluar masuknya barang harus diperiksa terlebih dulu oleh bagian gudang, mengapa harus demikian? Pemeriksaan ini untuk menghindari adanya retur pembelian dan juga retur penjualan. Pemeriksaan juga difungsikan untuk menguji kelayakan barang yang akan masuk di gudang.

2. Administrasi barang

Manajemen pergudangan juga meliputi administrasi yang melibatkan keluar masunya barang dan juga retur barang. Sangat penting jika administrasi ini dilakukan dengan tepat karena jika administrasi tidak teratur maka proses produksi juga akan berpengaruh. Administrasi ini meliputi penerimaan barang, penyimpanan barang dan pengembalian barang. Selain itu administrasi juga diperlukan untuk stock opname setiap bulan dan untuk data auditing dalam perusahaan tersebut.

3. Inventory aktiva lancar

Barang yang ada digudang merupakan aktiva lancar yang bisa digunakan untuk menambah modal. Inventory ini dilakukan melalui manajemen pergudangan yang bisa dilaporkan setiap bulan dalam neraca perusahaan.

4. Stock opname

Stock opname ini juga diperlukan setiap akhir bulan sebagai bagian dari control barang di gudang dan mengetahui selisih tidaknya barang tersebut.

5. Tindak lanjut sistem pergudangan yang telah ada

Jika dirasa perlu manajemen pergudangan ini juga difungsikan untuk menilai baik buruknya pengelolaan gudang yang ada. Jika dirasa merugikan perusahaan maka manajemen gudang bisa dirubah menjadi lebih baik lagi dengan metode yang berbeda.


sumber : http://manajemenproduksi.com/manajemen-pergudangan-dan-strategi-untuk-perencanaan-barang/

Poskan Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.