6 Karakter Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Entrepreneur

6 Karakter Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Entrepreneur

6 karakter dasar yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha/wirausahawan sehubungan dengan kemajuan dan perkembangan bisnis yang dimilikinya. Hal ini terkait dengan mental dan karakter pengusaha ini akan berpengaruh pada kinerja suatu bisnis. Jika sang pengusaha sebagai pengontrol dan pengatur jalannya perusaan memiliki sifat dan semangat yang kuat tentu saja memberikan efek positif bagi kelangsungan jalannya usaha. Berikut 6 karakter yang juga merupakan sifat dan mental dasar yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha :

 1. Memiliki tingkat kreativitas yang tinggi

Inovasi mungkin kata tersebut sudah tidak asing bagi telinga Anda. Inovasi berkaitan erat dengan suatu pembaharuan. Tindakan tersebut akan membantu dalam pengembangan suatu bisnis, yaitu produk ataupun jasa yang dihasilkan tidak monoton tetapi dapat berkembang mengikuti dan berjalan selaras dengan dinamika jaman. Sehingga apapun kebutuhan konsumen dapat dipenuhi dari produk dan jasa yang kita hasilkan.

Unsur selanjutnya terkait dengan kreativitas. Tingkat kreativitas yang tinggi akan menunjang bagi kelangsungan suatu perusahaan. Kreativitas dapat terkait dengan penciptaan karya baru dan kreatif dalam menciptakan peluang. Kreativitas yang berkaitan dengan karya, ada hubungan dengan penciptaan suatu komoditas baru. Perusahaan Anda merupakan pioner bagi komoditas tersebut sehingga tak ada pesaing dalam komoditas tersebut. Dengan begitu semua pasaran akan Anda dapatkan. Segala segmen pasar dapat Anda raih, baik kelas elite maupun kelas menengah dan bawah. Tentunya dengan memperhatikan kisaran harga dari masing-masing segmentasi pasar.

 2. Mempunyai karakter pemimpin

Seorang pengusaha mutlak memiliki Jiwa Kepemimpinan, karena sukses tidaknya usaha yang dijalankan tergantung pada sang pemilik. Setiap tindakannya selalu berorientasi untuk menciptakan peluang bagi bisnisnyan dan komunikasi dalam hal ini amatlah penting. Ia akan membangun segala bentuk komunikasi dengan berbagai kalangan. Dengan banyaknya relasi maka akan menciptakan peluang bisnis yang banyak.

Seorang pemimpin diharapkan mampu menciptakan suatu keputusan yang tepat, yaitu tidak ragu-ragu, tetapi tidak pula tergesa-­gesa. Namun, keputusan tersebut haruslah suatu keputusan yang komprehensif sehingga keputusan tersebut tidak akan merugikan perusahaan, serta keputan tersebut berorientasi bagi terciptanya target perusahaan. Dengan demikian jiwa kepemimpinan akan berperan penting. Sebab, sang pemilik akan menggerakan segala sumber daya yang ada untuk menciptakan suatu kemajuan.

3. Tidak gentar menghadapi risiko

Satu hal lagi yang merupakan karakter seorang pebisnis, keberanian mengambil risiko. Keberanian mengambil risiko bukan berarti keberanian yang membabi buta. Namun, keberanian yang telah diperhitungkan tingkat risikonya. Pebisnis sadar betul tentang suatu kegagalan selalu ada. Namun, karakter seorang pebisnis selalu bekeja dalam tekanan tinggi. Pebisnis harus siap menerima kenyataan sepahit apa pun. Walau pun pebisnis menemui suatu kegagalan dalam merintis bisnis, ada suatu pelajaran dan pengalaman yang diperolehnya. Jangan jadikan kegagalan menjadi suatu kambing hitam untuk ogah berbisnis. Namun, pelajari apa yang menyebabkan kegagalannya? Dengan begitu is tidak akan melakukannya di masa depan.

 4. Berani mengambi keputusan


Keputusan pemimpin perusahaan sangat berpengaruh pada kemajuan dan berkembanganya suatu perusahaan. Keputusan merupakan hasil dari proses analisa yang matang, yaitu setelah memperhitungkan resiko yang ditimbulkan bagi perusahaan maka Anda akan mampu menciptakan keputusan yang berkualitas. Sebuah keputusan merupakan gambaran riil tentang suatu peluang yang ada. Dalam hal ini peran intuisi sangat penting. Pengalaman yang dimiliki oleh seorang pemimpin akan menuntun apakah sebuah peluang tersebut menguntungkan ataupun akan merugikan perusahaan. Unsur ini terkait dengan naluri. Kemampuan seorang pemimpin dalam membuat keputusan akan memperngaruhi kemajuan suatu perusahaan.

5. Berjiwa "petarung"

Bisnis merupakan suatu kegiatan yang penuh dengan persaingan dan hal tersebut merupakan hal yang wajar. Prinsip sekadar untuk bertahan hidup, tidak cocok diterapkan dalam dunia bisnis. Naluri bisnis harus selalu Anda kembangkan. Anda perlu mendedikasikan seluruh waktu untuk usaha tersebut. Seluruh waktu dan pikiran hanyalah untuk kemajuan suatu bisnis. Dengan begitu kita akan terasah dengan segala peluang bisnis yang terbuka.

 6. Keinginan untuk belajar dan wawasan yang luas

Sebagai seorang pelaku bisnis Anda memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas merupakan keharusan. Belajar dan menambah pengetahuan merupakan cara terbaik untuk merubah sikap mental. Dengan giat menggali pengetahuan, Anda dapat mendapatkan segala informasi yang dapat dikaitkan dengan bisnis. Pada dasarnya belajar tidak selalu dengan cara pendidikan formal, belajar dapat dilakukan melalui berbagai media seperti membaca buku, mengikuti acara seminar yang terkait dengan dunia bisnis untuk menambah pengalaman dan wawasan dsb. Dengan mengikuti seminar akan bertemu dengan banyak peserta. Tentu saja peserta tersebut berasal dari berbagai disiplin bisnis atau kegiatan yang lain yang merupakan keuntungan tersediri bagi Anda, yaitu mendapatkan rekan baru dari beragam latarbelakang. Sebagai bekal yang spesifik, pelaku bisnis perlu membaca buku tentang teknis berbisnis, manajemen, atau pun buku metafisika. Dan belajar bisa
dilakukan kapanpun , oleh siapapun.

 Dari 6 karakter seorang pengusaha, seberapa banyakkah bekal yang sudah Anda miliki untuk terjun sebagai pebisnis. Jangan risau Anda apabila merasa kurang bekal, karena masih banyak media serta sarana untuk melengkapi bekal Anda menuju medan “dunia usaha”. Selamat menimba ilmu …!




sumber : http://lutfi-fpk11.web.unair.ac.id/artikel_detail-41230-Entrepreneur-Sifat%20Dasar%20Seorang%20Entrepreneur.html

Posting Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.