3 (Tiga) Langkah Memulai Bisnis Minimarket 


Belakangan minimarket dapat Anda jumpai di mana saja. Meski keberadaannya seringkali dianggap ancaman bagi pasar tradisional, namun antusias masyarakat sangat besar. Sehingga banyak minimarket yang memiliki omset jutaan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya. Hal ini harus menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda yang ingin membangun bisnis minimarket. Meski membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun bisnis minimarket sangat menjanjikan. Dengan pengelolaan yang cukup handal, Anda dapat meraup keuntungan yang tidak sedikit.

Menghitung Biaya Per Meter

Untuk memulai bisnis minimarket memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk menghitung perkiraan biaya memulai bisnis market Anda dapat dilakukan dengan menghitungnya per meter persegi.  Selama ini rata-rata biaya investasi per meter persegi yang dikeluarkan untuk memulai bisnis minimarket adalah 3 hingga 5 juta rupiah. Nilai ini dapat bertambah atau berkurang bergantung pada situasi ekonomi. Namun dengan biaya per meter persegi tersebut, bisa Anda perkirakan berapa modal yang diperlukan untuk membangun minimarket kecil.
Anggap saja Anda ingin memulai minimarket berukuran 50 meter persegi dengan 20 rak di dalamnya. Maka perkiraan biaya yang akan Anda keluarkan adalah 150 hingga 250 juta rupiah. Modal yang cukup besar ini baru modal yang Anda butuhkan untuk keperluan non bangunan. Sehingga jika Anda tidak memiliki modal yang cukup besar, Anda akan mengalami kesulitan memulai bisnis minimarket. Meski begitu tidak perlu cemas karena franchise minimarket dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang ingin memulai bisnis minimarket.
Anda yang tidak perlu memiliki modal besar untuk memulai bisnis minimarket dengan memanfaatkan franchise minimarket ini. Untuk dapat memulai bisnis franchise minimarket Anda hanya perlu mengajukan permohonan kerjasama franchise pada minimarket yang Anda kehendaki. Biasanya permohonan ini berisi standar operasional  hingga ketersediaan karyawan sesuai dengan ketentuan pemilik franchise. Selebihnya Anda hanya perlu memenuhi syarat yang diajukan pihak pemilik franchise.

Memiliki Tempat Usaha

Tempat usaha menjadi komponen penting memulai bisnis minimarket. Hingga kepemilikan modal non gedung Anda harus disertai dengan kepemilikan tempat usaha untuk bisa memulai bisnis minimarket. Tempat usaha sangat disarankan untuk memiliki luasan ideal digunakan sebagai minimarket. Bahkan ketika Anda hanya mampu mulai membangun minimarket dengan ukuran yang sangat kecil, Anda harus tetap menyediakan tempat usaha dengan luasan yang ideal. Tempat usaha dengan luasan ideal akan memastikan minimarket mampu menampilkan barang-barang dengan baik. Lebih dari itu minimarket Anda akan nyaman dikunjungi.
Jika luas tempat usaha Anda cukup ideal, maka berikan ukuran sebesar 5 meter untuk lebar bagian depan minimarket. Bagian depan minimarket yang cukup lebar akan membuat nyaman konsumen. Dengan lebar bagin depan yang cukup leluasan, minimarket Anda menunjukkan kesan luas. Sehingga meski di dalamnya sesak barang-barang, namun pelanggan tertarik untuk mengunjunginya. Lebih dari itu minimarket Anda lebih mudah diakses.
Usahakan juga tempat usaha Anda harus memiliki tempat parkir yang cukup luas. Diantara banyak pelanggan minimarket, banyak diantaranya yang mempertimbangkan lahan parkir untuk memilih minimarket. Lahan parkir yang sempit seringkali membuat tidak nyaman pengunjung. Hingga banyak diantara pengunjung minimarket tidak jadi masuk ke dalam minimarket karena lahan parkir yang terlalu sempit dan penuh.

Lokasi Usaha

Mendapatkan lokasi usaha terbaik adalah sebuah keharusan dalam memulai suatu bisnis. Terutama bisnis minimarket dengan modal yang tidak sedikit. Lokasi terbaik untuk memulai bisnis minimarket haruslah udah diakses semua orang. Tidak hanya oleh orang-orang yang membawa mobil tapi juga pengendara motor hingga pejalan kaki. Minimarket Anda juga harus dikunjungi siapapun dari berbagai kalangan tidak hanya pekerja kantoran tapi juga ibu rumah tangga biasa hingga mahasiswa. Dengan demikian bisnis minimarket Anda akan berkembang.
Lokasi paling komersil untuk mendirikan minimarket adalah dekat dengan akses jalan utama. Atau Anda juga bisa memilih pinggir jalan utama untuk mendirikan minimarket. Jalan utama biasanya ramai lalu-lalang orang. Bahkan di tengah-tengah kota juga menjadi pilihan lokasi minimarket yang sangat strategis. Selama ini orang-orang lebih banyak menjalankan pekerjaannya di pusat-pusat kota. Sehingga tidak hanya orang-orang sekitar bahkan orang dari jauh yang lewat di depan minimarket Anda juga akan berkunjung.

*sumber : berbagai sumber

---------------------------------------------------------
Website Raja Rak Minimarket yang lain : 

Posting Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.