Buku Retail Rules > 5.1. Pasar Muda dan Ekspansif

Jika Anda adalah pemasar di Italia, maka Anda berhadapan dengan 60 juta konsumen, dengan demografi yang condong ke usia tua (matang), berumur lebih panjang (harapan hidup 81 tahun), dan berdaya beli tinggi. Pendekatan pemasaran yang ideal untuk dilakukan bertendensi lebih maju, lebih personal, dengan mengutamakan kualitas.
Jika Anda adalah pemasar di Kongo, Afrika, tantangannya akan berbeda. Di sana Anda berhadapan dengan jumlah konsumen sekitar 66,5 juta, dengan konsumen yang berumur pendek (harapan hidup 53 tahun) dan hampir setengah dari total penduduknya berumur di bawah 15 tahun. Ciri lainnya adalah berdaya beli rendah. Pendekatan pemasaran ideal yang dilakukan tentu tak sama dengan di Italia.
Media yang digunakan relatifkonvensional. Kuantitas masih menjadi prioritas. Indonesia memiliki potensi pasar dengan populasi empat kali lipat dari kedua negara tersebut. Penduduk Indonesia berjumlah lebih dari 230 juta jiwa, berusia lebih panjang dengan tingkat harapan hidup mencapai 70 tahun, dan sepertiga populasinya berumur kurang dari 15 tahun. Daya belinya terus meningkat, bertumbuh sesuai pertumbuhan ekonomi.
Hingga tahun 2025, Indonesia masih akan memiliki populasi yang besar di bagian bawah, bila digambarkan dalam piramida demografi. Artinya, Indonesia akan memiliki sumber tenaga kerja muda yang berlimpah, konsumen muda dinamis dengan kebutuhan meningkat dan daya beli yang juga terus meningkat.
Generasi usia muda yang besar dan produktif seyogyanya akan membantu menopang dan mendorong ekonomi negara melalui penghasilan dari bekerja. Nilai yang dikumpulkan dari penghasilan itu bisa melampaui kebutuhan yang membebani negara seperti pendanaan masyarakat lanjut usia dan masyarakat miskin. Nilai itu pula yang pada akhirnya akan menghasilkan dana surplus yang biasanya digunakan untuk konsumsi domestik. Tak heran bila pasar Indonesia merupakan salah satu pasar ritel yang besar di dunia.
Tahun 2003, pendapatan kotor (GDP) per kapita Indonesia sudah melewati USD 1000. Bila batas psikologis ini sudah berhasil dilampaui, inilah saatnya melaju pada tingkatan konsumerisme. sejak tahun itu pula, pertumbuhan penjualan ritel baranag konsumen mencapai dua digit hingga kini. Diperkirakan pada tahun 2013 GDP perkapita Indonesia akan mencapai USD 3000.

---------------------------------------------------------
Website Raja Rak Minimarket yang lain : 

Posting Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.