Buku Retail Rules > 2.9. Definisi Format



Menurut studi yang dilakukan Coca Cola Retailing Research Council di Asia, ada tiga format menonjol yang bisa didefinisikan sebagai berikut:

Hypermarket

Sebuah kombinasi antara toko yang menjual produk umum dan supermarket dengan total produk sektiar 25-50 ribuan item, dan berada di area lebih dari 5.000-12.000 meter persegi (gross area). Hypermarket menawarkan pilihan item non-makanan yang lebih banyak, termasuk produk kesehatan dan kecantikan serta produk umum lainnya dengan harga yang lebih rendah. Pada umumnya, sekitar setengah hingga dua per tiga item di dalam hypermarket adalah produk makanan. Sisanya adalah produk elektronik, kebutuhan rumah tangga, pakaian, dan sebagainya.

Supermarket

Swalayan dengan luas antara 500-3.000 meter persegi dan menawarkan sekitar 15.000 item yang kebanyakan adalah produk kebutuhan sehari-hari (grocery), daging dan sayuran serta roti dan delikatesa. Biasanya hampir dua pertiga produk yang dijual adalah makanan.

Convenient Store

Swalayan dengan luas sampai dengan 300 meter persegi dan menjual sekitar 5.000 item yang umumnya didominasi oleh bahan makanan pokok dan camilan (snack). Di luar negeri banyak toko jenis ini yang berdampingan atau berada di lokasi stasiun pengisian bahan bakar (pom bensin).

Di Indonesia, situasi yang serupa pun mulai menjamur. Toko jenis ini biasanya terletak di lokasi yang mudah dijangkau dan buka hingga larut malam atau bahkan 24 jam. Oleh karena itu, harga produk yang dijualnya biasanya di atas rata-rata harga supermarket.

Walaupun ritel modern di Indonesia cuma menguasai pangsa pasar kurang lebih 30% (berdasarkan rata-rata 58 kategori yang disurvey oleh AC Nielsen di 12 kota besar), namun ada beberapa pemain kuat di masing-masing formatnya. Untuk format hypermarket, terdapat tiga pemain kuat yaitu Carrefour diikuti Hypermart dan Giant.

Format supermarket adalah format yang kurang diminati oleh banyak peritel karena format ini semakin menyusut konsumennya. Perihal ini bahkan sudah terdeteksi sejak tahun 2002 dan masa depan supermarket diyakini bakal meredup. Yang punya prospek bagus adalah minimarket. Saat ini, format minimarket dikuasai dua pemain lokal, yakni Indomaret dan Alfamart. Kalau kita mendeskripsikan Ritel dengan 5 P's yaitu Product, Price, Promotion, Place & People; maka perbedaan dari masing-masing format dapat dijabarkan sebagai berikut:

---------------------------------------------------------
Website Raja Rak Minimarket yang lain : 

Posting Komentar

Rak Minimarket

[Rak Minimarket][carousel1][#e74c3c]

Rak Gudang

[Rak Gudang][carousel1][#8e44ad]

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan.
Diberdayakan oleh Blogger.