Buku Retail Rules > 2.6. Convenient Store



Ke mana mencari minuman ringan atau makanan kemasan? Kewarung? Pilihan itu sepertinya akan menjadi sesuatu yang langka dalam waktu beberapa tahun mendatang. Orang mulai berpikir untuk mencarinya ke tempat yang lebih nyaman, yakni convenient store, yang saat ini mulai bertumbuhan di banyak tempat, terutama di areal perumahan.
Convenient store adalah toko kecil modern yang menyediakan produk kebutuhan sehari-hari, terutama makanan praktis seperti minuman dalam kemasan, snack/biscuit, roti, mie instan, susu siap minum dan lain lain.
Convenient store adalah konsep yang sedang berkembang di Indonesia. Pionirnya adalah Starmart, yang dikembangkan Hero Group (Dairy Farm), yang hingga kini memiliki 100 outlet. Pemain kuatnya adalah Circle K, yang mempunyai jumlah gerai daitas 200outlet. Circle K merupakan Frnchise dari Amerika yang dipegang oleh Group Mantrust. Selain Cirle K, ada 7-11 International, yang menjalin kerjasama dengan Modern Group.
    Dalam pengembangannya, 7-11 berfokus pada makann dan minuman siap saji seperti Sandwich dan minuman es Slupee. 7-11 hadir di lokasi-lokasi strategis tempat berkumpulnyaanak muda.

Pendekatan yang dilakukan tiap-tiap convenient store berbeda-beda. Starmart kebanyakan dikembangkan di apartemen dan perkantoran di Jakarta, seiring dengan perkembangan perkantoran di daerah segitiga emas dan bertumbuhnya apartemen di Jakarta. Circle K melakukan pengembangan di kota-kota wisata atau yang di lokasi yang banyak pendatang seperti Bali, Yogya dan Bandung. Pasar ini dipilih karena bagi para pendatang, harga bukan faktor utama, tapi yang penting kemudahan mendapatkan produk, terutama rokok dan makanan/minuman ringan.
---------------------------------------------------------
Website Raja Rak Minimarket yang lain : 

Poskan Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.