Buku Retail Rules > 2.5. Toko Buah




Daya beli yang meningkat, kesadaran akan kesehatan yang terus membaik, adalah hal-hal yang membuat toko-toko buah bermunculan. Format ritel buah modern tumbuh begitu pesat, terutama di Jakarta. Total adalah ritel buah yang mempunyai outlet paling banyak dibandingkan dengan ritel buah lainnya. Toko buah ini tumbuh pada awal tahun 2000-an, bersamaan dengan meningkatnya permintaan durian monthong.
Menyadari permintaan durian monthong yang terus meningkat, Total menyediakan durian monthong dengan kualitas terbaik, sehingga terciptalah citra “Mau buah durian monthong? Ya ke Total"
Kemampuan bertahan dan pertumbuhan toko-toko buah modern yang ada saat ini tercapai karena pemilihan barang yang tepat. Toko-toko buah ini mampu menyediakan produk berkualitas terbaik. Toko-toko ini bahkan dapat menyediakan beberapa produk unik yang tidak tersedia di supermarket biasa, misalnya durian monthong. Eksistensi toko buah modern juga didukung oleh staf yang sangat menguasai produk yang dijual, yang membuat konsumen merasa nyaman karena sangat terbantu saat hendak memilih produk yang ingin dibeli. Lokasi yang sangat convenient juga menjadi nilai lebih, sehingga konsumen bisa melakukan akses masuk dan keluar toko dengan sangat mudah dan nyaman.
Atas berbagai keunggulan itu, konsumen kalangan atas yang tak peduli soal harga, lebih memilih toko-toko buah modern sebagai lokasi belanja buah untuk kebutuhan sehari-hari. Selain Total, di Jakarta kita kenal pula jaringan toko buah dengan nama All Fresh, sementara lebih memilih toko-toko buah modern sebagai lokasi belanja buah untuk kebutuhan sehari-hari. di Surabaya terdapat jaringan toko buah dengan nama Hokky. Toko-toko buah ini kebanyakan mengambil lokasi stand alone. Hanya beberapa yang berada di pusat perbelanjaan seperti di Mal Ambassador, Jakarta Selatan dan Bintaro Plaza, Tangerang.

Meski berada di dalam pusat perbelanjaan, toko buah selalu mengambil
lokasi di muka yang berhadapan dengan jalan sehingga memudahkan pelanggan untuk keluar-masuk. Karena diferensiasinya yang jelas, toko-toko buah ini bisa bertahan bahkan di dalam mal yang sangat berdekatan dengan pemain besar seperti Carrefour dan Hero.
Seiring dengan waktu, ritel toko buah juga memperbaiki kualitas pelayanan, signage dan menambah assortment dengan fokus kepada produk makanan impor, seraya tetap mempertahankan kualitas premium. Dalam hal assortment, toko buah semakin lengkap layaknya sebuah supermarket mini. Tanpa kita sadari, toko buah Total, misalnya, telah memiliki cabang lebih dari 10 outlet, dan hampir semua cabangnya ramai dikunjungi konsumen yang kebanyakan kelas menengah-atas.
Selain itu, Total telah mengembangkan konsep toko yang lebih luas dan berhasil menarik minat lebih banyak konsumen untuk berbelanja buah. Luas tokonya berukuran sekitar 400 hingga 600 meter persegi, seperti yang terdapat di daerah Pejaten Jakarta Selatan dan Alam Sutra, Serpong. Kunci keberhasilannya adalah area parkir yang luas; berada di lokasi pemukiman; pilihan barang yang semakin lengkap, bukan hanya produk makanan tapi juga produk kebutuhan sehari-hari, seperti sampo, pasta gigi, dan lain-lain; kualitas yang tetap premium, dan staf yang menguasai produk.

Selain itu, hal yang sering tidak disadari adalah pembelian impulsif atau yang tidak direncanakan sebelumnya. Hal ini sering terjadi saat konsumen datang ke toko buah, ketika melihat produk yang jarang dijumpai di toko ritel lainnya, seperti mangga harum manis Lily yang sangat manis dengan kekenyalan dan kandungan air yang pas, atau jambu air Jumbo. Sama seperti supermarket premium, toko buah menjadi pilihan pertama untuk para pemasok buah premium.

---------------------------------------------------------
Website Raja Rak Minimarket yang lain : 

Posting Komentar

Rak Minimarket

[Rak Minimarket][carousel1][#e74c3c]

Rak Gudang

[Rak Gudang][carousel1][#8e44ad]

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan.
Diberdayakan oleh Blogger.