Buku Retail Rules > 2.4. Minimarket


Krisis adalah halangan atau kesempatan? Krisis yang terjadi di tahun 1998 bukan hanya menandai lahirnya format hypermarket, tapi juga menjamurnya format minimarket. Indomaret adalah pionir dalam format ini dan telah ada sejak tahun 1995. Pemutusan hubungan kerja yang banyak terjadi saat ini membuat banyak mantan karyawan menjadi pengusaha minimarket, karena jaringan minimarket menawarkan konsep kerja sama franchise (waralaba). Antara tahun 1998 sampai dengan tahun 2000, ketika Indonesia mengalami krisis keuangan, Indomaret berkembang sangat pesat. Perkembangan Indomaret diikuti pula oleh Alfamart.
Sebenarnya sebelum Indomaret, konsep minimarket telah diperkenalkan oleh grup Mantrust, yang dikenal dengan produk Susu Bendera dan Corned Beef Pronas dengan nama Tri-M. Namun Tri-M tidak berkembang dengan baik dan sekarang sudah tidak ada.
Alfamart sebagai pemain kedua dalam bisnis minimarket menjalankan bisnisnya dengan sangat kreatif dan berani melirik lokasi lain di luar perumahan atau perkantoran, seperti di stasiun pompa bensin umum (SPBU), dan sukses.
Alfamart adalah minimarket pertama yang membuka gerainya di SPBU (Km 19 Tol Jakarta-Cikampek). Alfamart menjadi minimarket yang mendominasi lokasi SPBU. -
Alfamart juga agresif menjalin kerja sama dengan institusi-institusi non ritel seperti beberapa lokasi TNI atau Polri, pesantren, dan lainnya. Pola kerja samanya adalah waralaba bersyarat ringan, sehingga institusi-institusi ini bisa mempunyai bisnis yang cukup menguntungkan dan melayani komunitas sekitarnya.
Program-program pemasaran Alfamart juga sangat menarik dan agresif, mulai dari kartu keanggotaan, mensponsori film, atau bahkan sampai menggelar turnamen bulutangkis nasional. Alfamart juga aktif menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang melibatkan masyarakat luas. Semua kegiatan ini mendongkrak brand equity Alfamart menjadi yang tertinggi di tahun 2008.

Dengan demikian, meski terlambat 5 tahun dibandingkan Indomaret, Alfamart bisa mendekatkan diri dengan Indomaret dalam jumlah toko. Sekarang Indomaret dan Alfamart mempunyai total gerai di atas 8.000 dengan pertumbuhan sekitar lebih dari 700 gerai per tahun.

---------------------------------------------------------
Website Raja Rak Minimarket yang lain : 

Posting Komentar

Rak Minimarket

[Rak Minimarket][carousel1][#e74c3c]

Rak Gudang

[Rak Gudang][carousel1][#8e44ad]

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan.
Diberdayakan oleh Blogger.