Buku Retail Rules > 1.3. Konsep Toko Diskon

Seiring berjalannya waktu, para peritel modern mulai berpikir tentang cara mendekatkan diri kepada konsumen. Pemilihan lokasi, ukuran lokasi, dan jenis barang yang dijual menjadi sangat penting. Format pasar swalayan pun kemudian berkembang.
Pada awal tahun 1970-an, Hero mulai mengembangkan konsep toko yang lebih kecil yang dinamai Mitra Toko Diskon. Mitra melayani pelanggan kelas menengah ke bawah, sedangkan Hero untuk menengah-atas. Interior toko Mitra sangat simpel, dengan sedikit alat pendingin, karena fokusnya adalah pada barang-barang kebutuhan sehari-hari (daily needs).
Lokasi Mitra terletak di daerah pinggir kota, seperti Teluk Gong (Jakarta Utara), Pondok Bambu, Cimanggis (Jakarta Timur), Cinere (Jakarta Selatan), dan sebagainya. Luas toko Mitra sekitar 200-400 meter persegi. Konsep tokonya adalah menawarkan produk kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih terjangkau, simpel, dan interior minimal dengan dominasi warna kuning dan merah (karena kedua warna ini diyakini efektifuntuk memberikan kesan murah), menjual beberapa produk segar (sayur dan buah) dalam bentuk prepack (sudah dikemas), promosi sebatas penurunan harga, jumlah karyawan minimal dan dengan seragam yang simpel seperti kaus. Beberapa tahun kemudian, di awal tahun 2008, PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) membuat pengembangan model dari Alfamart yang disebut Alfa Midi. Alfa Midi menjual produk kebutuhan sehari-hari yang dijual Alfamart namun lebih lengkap, dan ditambah dengan produk-produk fresh yang sudah di-prepack.
Konsep interiornya adalah simpel dan minimal, yang didominasi warna kuning dan merah seperti Mitra. Promosi harga dan promosi lainnya dilakukan untuk meningkatkan kesenangan belanja konsumen. Untuk menekan biaya, jumlah karyawan diminimalkan dan diseragamkan dengan seragam kaus. Alfa Midi merupakan konsep yang akan dikembangkan SAT di kemudian hari. Dalam beberapa tahun saja jumlahnya sudah mencapai lebih dari 200 gerai.
Di negara tetangga kita, Thailand, Tesco sangat gencar mengembangkan Tesco Express, yang hampir mirip dengan Alfa Midi. Sebaliknya, Mitra Toko Diskon merupakan konsep yang ditinggalkan grup Hero. Mengapa demikian? Perihal ini akan kita ulas di bab Format.

---------------------------------------------------------
Website Raja Rak Minimarket yang lain : 

Posting Komentar

Rak Minimarket

[Rak Minimarket][carousel1][#e74c3c]

Rak Gudang

[Rak Gudang][carousel1][#8e44ad]

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan.
Diberdayakan oleh Blogger.