Bagaimana Cara Memperbanyak langganan
Memperbanyak langganan adalah suatu pekerjaan yang harus dilaksanakan. Memperbanyak langganan tidak bisa berhasil seketika itu, tapi secara bertahap. Konsumen akan mengenal toko Anda melalui informasi dari mulut ke mulut bila tidak beriklan. Oleh sebab itu, memperbanyak langganan harus dimulai dahulu dengan membangun citra toko Anda sendiri. Kalau toko Anda memiliki citra yang baik, maka konsumen pun akan datang silih berganti. Kriteria sebagai toko yang baik tentu saja dari cara bagaimana Anda melayani konsumen, harga-harga yang Anda berikan pada barang dagangan Anda, serta kesediaan Anda untuk melakukan sesuatu di luarketentuan yang biasa, seperti menukar barang bila barang itu betul tidak cocok karena kesalahan di pihak Anda, atau Anda tidak menjumlah harga dengan benar. Citra toko Anda yang baik akan membawa keberuntungan bagi perkembangan toko Anda. Misalnya, toko Siola yang semula selalu mengutamakan pelayanan untuk kepentingan konsumen. sampai sekarang nama "Siola" tetap digunakan meskipun toko itu telah tutup dan diambil alih oleh Ramayana. Demikian pula dengan toko Anda jika memiliki citra yang baik, nama toko Anda akan harum selamanya.
Toko yang bercitra baik akan menjadi jalan menuju keberhasilan Anda. Pemilik tidak akan repot lagi untuk mencari pembeli, karena pembeli Anda telah mengetahui toko Anda terkenal dengan memiliki barang yang lengkap. tokonya bersih dan rapi, produk-produk yang dijual selalu baru, dan pelayanannya sangat memuaskan. Bisa dipastikan Anda telah memiliki konsumen yang akan datang silih berganti sehingga aliran dana masuk ke toko Anda semakin besar yang menyebabkan laba Anda bertambah. Memperbanyak langganan adalah salah
satu cara untuk memperbesar cash in flow sebuah toko. Sebuah toko yang ramai dengan pembeli akan memperbesar omzet penjualan. Dengan besarnya omzet penjualan maka aliran dana yang ada di toko akan berjalan dengan lancar, sehingga semakin banyak keuntungan yang akan diterima oleh pemilik toko.Semakin banyak langganan yang membeli berarti Anda semakin memperoleh kesempatan untuk mengembangkan item produk yang Anda jual. Sebuah toko yang memiliki barang yang lengkap, memiliki peluang untuk meraih konsumen lebih banyak lagi. Seorang customer saya selalu mengambil keuntungan beberapa persen saja terhadap barang-barang yang dijualnya, agar toko yang didirikan memiliki langganan tetap banyak Barang-barang dengan harga pada suatu toko akan menjadi daya tarik bagi konsumen. Karena pada dasarnya konsumen selalu mencari barang dengan murah dan bermutu baik. Walaupun tidak dimungkiri ada konsumen yang selalu mencari barang dengan harga mahal dan bermutu baik pada jenis barang tertentu. Untuk jenis barang kebutuhan sehari-hari kebanyakan konsumen mencari yang murah. Menurut seorang customer saya, konsumen akan membeli di tempat lain bila harga lebih mahal walau selisihnya hanya Rp 50,00. Dengan mengamati perilaku konsumen yang seperti ini maka sebaiknya bila Anda membuka toko untuk pertama kali, atau baru saja buka, sebaiknya Anda memperhatikan hal ini. Setelah itu, pada saat langganan Anda telah banyak. Anda bisa mengambil keuntungan secara normal dengan menaikkan harga secara bertahap.
Sekarang yang menjadi masalah yaitu bagaimana Anda dapat memperbanyak langganan. Banyak sekali toko yang telah menjual barangnya dengan harga murah, tetapi pembeli yang ada tidak pernah menjadi langganan tetap. Kalau dianalisis apa yang menyebabkan hal itu terjadi, maka berbagai sebab bisa menjadipenghalang yang terkadang tidak pernah disadari oleh pemilik toko, misalnya: toko tidak bersih dan tidak rapi, meskipun barang yang dijual murah, tetapi toko tidak menyediakan barang dengan lengkap. Bisa jadi toko Anda sepi karena pelayanan yang Anda berikan tidak baik dan lokasi toko yang tidak strategis. Masalah mah seperti inilah yang membuat banyak sekali pemilik toko yang gagal mengelola tokonya dengan baik.
A. Pelayanan yang Baik
Pelayanan merupakan bagian terpenting dari usaha apa pun. Suatu usaha tanpa memiliki pelayanan yang baik, maka usaha yang Anda jalankan bisa dipastikan akan berumur pendek. Untuk memiliki usaha agar berumur Panjang tentunya Anda harus memiliki langganan yang jumlahnya banyak yaitu dengan memberikan pelayanan vi baik. Memang pelayanan yang baik. tidak akan membawa dampak secara langsung karena pelayanan itu tidak memiliki bentuk, tetapi hanya bisa dirasakan oleh konsumen secara berulang-ulang. Biasanya perusahaan-perusahaan yang hanya menjual "jasa" selalu mementingkan pelayanan sebagai wujud dari produk yang dijualnya. Misalnya perhotelan akan selalu mengutamakan pelayanan atau service kepada para tamunya selain sarana hotel yang dimiliki. Asuransi dan tours-travel Juga menjual pelayanan, begitu pula dengan usaha-usaha yang tidak memiliki produk, menjual pelayanan sebagai produk utamanya. Karena dengan adanya pelayanan yang baik, usaha yang Anda dirikan memiliki nilai lebih.
Tidak berbeda dengan usaha toko milik Anda, pelayanan juga menjadi bagian penting dalam upaya memperbanyak langganan. Siapa saja jika membeli sesuatu pada sebuah toko, tentunya akan merasa senang bila dilayani dengan baik. Saya dengan istri saya selalu pergi ke sebuah toko, yang menurut saya toko itu relatif jauh dari tempat tinggal saya. Saya juga sering mengatakan kepada istri saya. sebaiknya membeli barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari di toko dekat rumah saja. Tapi istri saya mengatakan bahwa toko di dekat rumah tidak memberi pelayanan yang baik jika kami datang. Berbeda dengan toko yang selalu kami kunjungi tiap kali berbelanja. Dalam pengamatan saya. toko kecil itu pemiliknya selalu ramah. Karena toko itu diberi pintu di depannya maka setiap kali ada pengunjung datang, pegawainya selalu membukakan pintu dan mempersilakan masuk. Begitu pula dengan kasirnya selalutersenyum, menghitung dengan benar belanjaan setiap orang, dan selalu mengucapkan terima kasih bila pengunjung telah meninggalkan tokoitu. Kesan inilah yang akan mengundang siapa saja untuk datang ke toko yang selalu memberi pelayanan yang baik.
Pelayanan dalam usaha merupakan faktor penentu bagi perkembangan toko Anda selanjutnya. Hubungan yang harmonis antara pembeli dan pemili toko harus berjalan dengan baik. Para konsumen harus tetap dilayani dengan baik, tidak memandang apakah konsumen yang hanya lewat atau konsumen tetap. Jika Anda telah memberikan image yang baik tentang pelayanan, maka akan membantu untuk memperbanyak langganan. Orang lebih senan membeli di toko Anda dengan harga . mungkin lebih mahal tetapi memiliki pelayanan yang baik. daripada membeli ketoko yang menjual dengan harga murah tapi tidak memberi pelayanan dengan baik.
Pelayanan yang baik bisa berupa melayani" dengan hati riang; menjumlah barang-barang dengan harga yang sesuai, jujur, menipu memberikan barang yang baru dan dalam kondisi baik pada konsumen: dan memberikan kembalian dengan tepat. dan tidak menipu sangat diperlukan dalam usaha membuka toko, karena dengan memberikan keterangan akan barang dengan jujur, konsumen akan merasa dibantu untuk mengatasi kesulitannya mencari-cari barang tertentu. Konsumen merasa lega karena dibantu untuk mendapatkan barang komplementer jika barang yang dicarinya habis. Anda juga dituntut bersabar melayani konsumen yang sedang mencari-cari barang yang dikehendakinya, tanpa harus membentak-bentak sehingga konsumen tidak ragu-ragu terhadap barang yang dicarinya. Sebaiknya Anda mengarahkan, memberi saran. dan membantu pembeli untuk mengambil keputusan. Konsumen yang bingung pada suatu pilihan barang akan sulit untuk mengambil keputusan. Untuk itu, Anda harus dapat membantunya untuk mengambil keputusan. Bagaimana jika yang melayani anak-anak, pembantu, atau anggota keluarga yang belum mengerti akan pelayanan? Pada anggota keluarga sebaiknya diberitahukan bahwa pelayanan sangatlah penting untuk perkembangan toko Anda Sebagai pelajaran yang baik, Anda harus memberikan contoh pada anggota keluarga dengan tingkah laku atau cara-cara melayani konsumen dengan baik.
Melayani sepenuh hati akan memberi energi pada Anda akan usaha yang Anda jalani. Semua pekerjaan yang dijalankan dengan sepenuh hati dan tanpa harus mengeluh akan bermanfaat pada diri Anda sendiri. Anda akan termotivasi untuk selalu "antusias" melawani konsumen. Begitu Anda melihat ada calon konsumen datang, Anda akan dengan senang hati melayaninya. Begitu pula pada pihak konsumen akan merasa gembira dan senang melihat Anda yang bersemangat. Situasi dan kondisi yang menyenangkan akan mempermudah konsumen untuk mendapatkan barang yang dicari. Pemilik toko pun dapat dengan leluasa menawarkan produk baru jika barang yang dikehendaki konsumen tersebut tidak ada.
Situasi dan kondisi yang baik yang terjadi pada suatu saat akan dapat mempercepat seseorang mengambil keputusan. Seperti pengalaman saya jika datang ke suatu toko, saya akan segera menyapa pada pemilik toko dengan riang, walau pemilik toko yang saya datangi mungkin sedang "sedih"jika tokonya sepi. Saya menyampaikan segala informasi dengan positif dan menyenangkan. Setelah pemilik toko merasa senang dengan komunikasi yang terjadi, barulah saya mengajak dia untuk segera mengambil keputusan atas sejumlah barang pada saya. Transaksi yang terjadi di luar dugaan, karena pemilik toko akan memesan barang melebihi kuota yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Anehnya, customer saya akan selalu membeli produk-produk yang saya tawarkan meskipun barang yang dia miliki masih banyak di gudang. Tapi karena saya datang dengan sepenuh hati, maka customer saya membelinya juga. Pekerjaan yang Anda lakukan dengan sepenuh hati itu akan memberikan energi dan memancar pada orang yang berada di hadapan Anda. Jika Anda seorang pemilik toko maka konsumenlah yang sering berhadapan dengan Anda, dan saat ini menanti untuk dilayani dengan sepenuh hati dan ramah.
Sabar dan jujur merupakan ciri khas yang dimiliki oleh pemilik toko yang berhasil. Dahulu di depan rumah saya ada seorang tetangga yang membuka toko dan sangat laris. Menurut saya, barangkali hanya dialah satu-satunya di tempat itu yang memiliki toko barang-barang yang paling lengkap Tidak lama kemudian ada toko baru di berjualan tidak jauh dari toko itu. Toko yang baru dibuka kecil dan jauh dibanding dengan tok yang ada di depan rumah saya. Ibu saya sering membeli pada toko di depan rumah Sy tapi selalu mengeluh karena pemiliknya tidak sabar jika melayani, serta sering menaikkan harga walau sebelumnya telah mengatakan dengan harga tertentu. Karena selalu diperlakukan seperti itu, akhirnya ibu saya membeli ketoko kecil itu yang pemiliknya ramah, sabar, dan jujur, serta melayani ibu dengan sepenuh hati. Walau menyadari barang-barang yang dimilikinya tidaklah selengkap toko di depan rumah, pemiliki toko kecil itu dengan sepenuh hati berjanji akan mencarikan kebutuhan ibu saya, untuk keesokan harinya. Begitulah, ibu terus berbelanja di toko kecil itu. Setelah kami pindah rumah dan sekarang bertemu dengan salah seorang tetangga, saya sempat menanyakan apakah toko di depan rumah saya masih ada. Tetangga saya mengatakan bahwa toko di depan rumah saya telah tutup, dan sekarang hanya toko kecil itu yang masih berjualan. Menurutnya, kini telah menjadi toko yang sangat besar, tidak saja melayani pembeli secara eceran tapi juga melayani pembeli-pembeli secara partai.
Pelayanan yang baik akan meningkatkan omzet penjualan toko melalui langganan-langganan Anda. Cash in flow Anda akan meningkat sehingga Anda bisa membeli lagi barang-barang yang telah habis di toko dan menambah sedikit longgar cash expenses yang perlu. Tentu saja, keuntungan yang Anda dapat akan berlipat jika langganan Anda semakin banyak.
B. Membersihkan dan Merapikan ΤΟΚΟ
Toko yang bersih dan rapi akan menjadi pesona tersendiri bagi seorang konsumen. Saya memiliki seorang customer yang tokonya terletak di kota yang miskin penduduknya, namun banyak sekali konsumen yang datang ketoko tersebut. Setelah saya mengamati dan membandingkannya dengan toko-toko lain di sekitar toko itu, termasuk yang ada di kota besar, ternyata toko milik customer saya adalah toko yang amat bersih dan rapi. Sebelum toko buka, kaca-kaca etalasenya dibersihkan dahulu sampai mengkilat. Barang-barang yang datang segera dilabeli dan diatur dengan rapi di rak masing-masing. Di dekat pintu masuk disediakan tong sampah. Gudang untuk barang-barang persediaan terletak di belakang toko, dan di dalam toko tidak ada barang-0barang yang berserakan. Jika ada kotoran-kotoran yang tercecer, pemilik toko segera memerintah karyawannya segera membersihkan.    
Toko yang bersih dan rapi tentu sangat menyenangkan konsumen. Produk-produk yang disusun dengan baik di etalase, di rak-rak toko, dan gudang sesuai golongan dan jenisnya; akan membuat etalase, rak, dan gudang tersebut tidak berantakan karena barang yang diperlukan akan mudah didapatkan. Susunan barang yang rapi di toko akan aman dari sentuhan binatang seperti kecoa dan tikus. Tikus inilah musuh yang paling berbahaya bagi toko Anda. Barang-barang Anda akan rusak oleh gigitan tikus-tikus jika tidak disusun dengan rapi. Sehingga menyebabkan kerugian besar jika barang yang Anda beli itu adalah barang-barang yang tidak dapat dikembalikan pada pemasok,
Sebaiknya Anda menyusun barang-barang itu sesuai dengan golongannya, misalnya jenis makanan dengan makanan, sedangkan yang bukan makanan Anda susun dengan yang bukan makanan. Jika Anda mengaturnya secara campur aduk juga akan merugikan Anda sendiri. Misalnya, makanan yang Anda jual itu Anda campur dengan sabun, maka makanan itu pasti akan beraroma sabun. Makanan seperti ini tidak akan laku dijual dan jika Anda memaksa, maka konsumen akan jera untuk membelinya pada Anda.
Memang, keteraturan susunan barang-barang Anda di toko juga dapat memberikan manfaat agar konsumen dengan mudah mendapatkan barang yang dikehendaki. Kebersihan toko di samping sangat menarik bagi pembeli, juga mengurangi kerugian akibat dirusak oleh binatang. Pembeli akan senang dengan barang-barang yang dibelinya karena nampak baru dan bersih. Pemandangan toko yang serba teratur juga dapat meningkatkan konsentrasi konsumen untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan di luar rencana semula. Jadi, pembeli tidak khusus membeli barang tertentu saja, tetapi akan membeli barang lain. Dengan melihat barang yang diatur rapi akan teringat pada barang yang memang dibutuhkan tapi lupa mencatatnya.
C. Barang yang Dijual Lengkap
Toko yang memiliki barang lengkap akan mempunyai kesempatan besar untuk meraih konsumen lebih banyak. Seorang konsumen akan jera membeli pada toko Anda jika tiap kali ia mencari suatu barang tidak pernah tersedia di toko Anda. Berbeda jika di toko Anda terdapat barang dagangan lengkap. konsumen langsung mendapatkannya dan bila perlu akan membeli kebutuhan lain yang dianggapnya perlu. Disinilah keunggulan yang harus diusahakan oleh sebuah toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Namanya toko kebutuhan sehari-hari, maka barang-barang yang ada tentunya harus memenuhi berbagai kebutuhan yang diperlukan sehari-hari. Seorang customer saya menjual segala macam barang mulai dari jarum pentul sampai barang yang berharga mahal, seperti susu untuk kebutuhan anak-anak dan orang dewasa. Memang untuk memenuhi segala macam barang kebutuhan sehari-hari, modal yang dibutuhkan besar sekali.Tapi menurut anjuran, sebaiknya menyediakan barang kebutuhan sehari-hari itu sebanyak mungkin macamnya. dan peritem produk jumlahnya hanya sedikit, misalnya 3 biji saja.
Anjuran ini sangat penting karena semakin lengkap produk yang disediakan oleh toko, maka peluang mendapatkan konsumen akan lebih banyak lagi. Pembeli tidak akan membatalkan transaksinya jika barang yang disediakan sangat lengkap. Akan tetapi, bagaimana dengan pemilik toko yang hanya memiliki modal terbatas? Padahal agar toko memiliki langganan yang banyak, salah satu syaratnya adalah mempunyai barang yang lengkap,
Sebenarnya modal terbatas tidak boleh menjadi masalah dan penghalang dalam usaha ini. Memiliki usaha dengan membuka toko memerlukan ketekunan dan kesabaran. Dan untuk menyedikan produk-produk secara lengkap diperlukan modal yang cukup besar. Seorang customer saya bernama Bu Masihkah, mengawali usahanya dengan modal hanya Rp 250.000,00 di ruang tamu rumahnya yang berukuran sangat sempit, 3 meterkali 4 meter. Agar pembeli tidak kecewa, ibu ini menyediakan produk-produk yang betul-betul diminati oleh konsumen sekitar rumahnya. Caranya tiap jenis produk hanya disediakan 2 biji. Bagaimana jika ada yang membeli melebihi dari persediaan yang ada. Bu Musihkah akan menjanjikan barangnya dikirim keesokan harinya dengan "alasan" barang itu masih kosong. Adanya konsumen yang membeli lebih ini akan menjadi pelajaran berharga bagi Bu Musihkah, bahwa barang yang dijual adalah baranglaku. Dia tidak akan membeli dengan jumlah yang sama seperti sebelumnya, tetapi akan membelinya.6 biji dan sisanya yang telah terbeli itu untuk stok mendatang. Begitu seterusnya, Bu Musihkah melakukannya hingga modal yang dia kumpulkan kini telah mencapai kurang lebih 50 juta.
Pengalaman di atas bisa menjadi alternatif bagi siapa saja yang mengawali membuka toko dengan cara menyediakan barang secara bertahap. Cara lain untuk menambah jenis produk yang dijual yaitu dengan berhubungan langsung dengan salesman dari berbagai perusahaan. Meski membutuhkan waktu, tapi cara ini baik sekali bagi seorang pemula yang berusaha membuka toko, dan hanya bermodal kecil. Jangan sia-siakan momen seperti itu jika ada salesman datang belilah sedikit produk yang menurut Anda bisa laku dan bernegosiasilah jika bisa mendapatkan kredit untuk sejumlah produk.
Barang-barang yang didapatkan secara kredit dapat dijual secara maksimal hingga habis. Usahakanlah agar barang-barang tersebut bisa dijual secepatnya, karena uang tunai yang diperoleh bisa dibuat keperluan lain. Tanyalah pada salesman, kapan dia berkunjung lagi ke tempat Anda. Sehingga Anda bisa mengatur keuangan yang diperoleh dari hasil penjualan tunai untuk dibayarkan pada salesman jika datang. Seorang customer saya memberikan resep untuk mendapatkan barang dengan cepat dan menjualnya dengan cepat pula dan kemudian membayarnya. Katanya. "Sambil menunggu salesman datang. jangan lupa tanyakan kepada salesman tersebut kapan datang berkunjung lagi dan menagih. Dengan demikian, uang dapat digunakan membeli produk-produk fast moving dengan lengkap, begitu seterusnya..."
Dan yang paling berat bagi Anda jika memulai usaha hanya dengan modal kecil adalah harus menambah modal. Agar barang Anda di toko menjadi lengkap salah satu jalan yang mudah dan cepat adalah dengan menambah modal usaha. Bisa dengan cara menambahnya secara bertahap atau langsung dalam jumlah besar. Seperti yang pernah dilakukan Bu Umi, untuk melengkapi barang yang secara bertahap. Beberapa tahun membuka toko, keuntungan yang diperoleh tak pernah digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk membayar rekening listrik, PDAM, telepon, dan membayar uang sekolah anak-anaknya masih mengandalkan uang gaji yang diterima oleh suaminya tatkala masih bekerja. Keuntungan dari usahanya terus ditambahkan sebagai modal usaha. Selain itu, jika mendapat arisan uang yang diperolehnya juga langsung dibelikan barang-barang untuk kebutuhan toko. Jadi, menambah barang di toko bisa dimulai dengan cara mengangsur.
Sementara itu, jika Anda telah memperoleh sumber dana sebaiknya langsung digunakan untuk membeli barang-barang kebutuhan toko. Sumber dana itu bisa dari bank, pegadaian, dan dari perusahaan atau agen. Untuk sumber dana dari perusahaan dan dari agen bisa Anda peroleh setelah toko Anda beroperasi. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda bisa menarik hati pemilik toko agen dan jangan selalu "menolak" salesman yang datang. Karena kedatangan salesman akan mengundang salesman-salesman lain datang ke toko Anda, untuk memberikan barang sebagai pelengkap toko Anda.

D. Produk yang Dijual Selalu Baik
Janganlah menjual suatu produk yang habis masa kadaluwarsanya. Mintalah tukar pada salesman atau pemilik toko grosir tempat.Anda membeli. Simpanlah barang-barang rusak Anda dan pisahkan agar tidak ikut dengan produk-produk baru. Menjual produk-produk yang sudah lama atau rusak akan mengurangi citra toko Anda. Sebaiknya. Anda menghindari untuk memberikan barang-barang rusak dan kedaluwarsa kepada konsumen jika Anda ingin memiliki langganan yang banyak. Produk-produk yang tersedia ditoko Anda dalam keadaan baik. Artinya, produk-produk tersebut masih bagus, kemasannya tidak rusak atau robek, warna kemasan tidak pudar, peyok, dan masa kadaluwarsa tidak habis. Dan untuk mendapatkan produk-produk yang baik, Anda tentunya berhubungan langsung dengan salesman berbagai perusahaan, toko agen atau toko grosir, atau toko-toko superbesar seperti MAKRO dan yang lain. Hanya sebagai catatan, membeli di toko-toko superbesar jarang menerima barang kembalian yang telah rusak dan Anda dituntut untuk teliti bila membelinya. Telitilah bentuk barang, baik warna kemasan dan bentuk kemasan, masa kadaluwarsa, serta jumlah barang yang Anda terima. Sehingga Anda akan mendapatkan barang-barang yang baik pula.
Cara lain agar Anda memiliki barang yang bagus adalah melakukan penyimpanan produk-produk itu dengan baik pula. Menggolong-golongkan produk sesuai dengan jenisnya dan mengaturnya di gudang pada rak-rak dan etalase yang tersedia. Dan yang lebih penting adalah bernegosiasi dengan para salesman perusahaan untuk mengadakan perjanjian mengenai penggantian barang yang rusak, masa kedaluwarsa habis, serta pengembalian barang-barang yang tidak laku sama sekali. Dengan demikian Anda mengurangi risiko kerugian akibat barang-barang rusak dan dapat melayani konsumen dengan baik sehingga dapat mendatangkan langganan yang banyak.
E. Bersedia Mengirim
Banyak sekali toko yang menjadi customer saya tidak melakukan pengiriman apabila ada konsumen yang membeli dalam jumlah banyak. Mereka lebih suka membiarkan konsumen membawa sendiri barang belanjaannya. Saya memiliki seorang customer lain yang menjual secara partai, selalu bersedia jika langganannya meminta untuk mengirim barang belanjaannya. Pengiriman yang dilakukan oleh pemilik toko merupakan salah satu upaya untuk menambah jumlah langganan. Melakukan pengiriman bisa menjadi alternatif sebagai bentuk "keunggulan" dalam bersaing. Bila Anda memiliki sebuah toko yang bersedia mengirim barang dalam jumlah tertentu, maka bisa dipastikan toko Anda akan memiliki sejumlah pelanggan yang memesan barang lewat telepon.
Trend memesan barang melalui telepon telah berkembang pesat akhir-akhir ini, sehingga Anda harus memulai merancang toko Anda dengan melengkapi seorang pegawai yang bertugas melakukan pengiriman. Melayani pengiriman dengan sejumlah pembelian tertentu akan mendongkrak omzet penjualan toko Anda. Tidak dimungkiri, cara ini telah dilakukan berbagai usaha di luar usaha membuka toko kebutuhan sehari-hari.
Saya pernah mengunjungi seorang teman yang menjadi pasien di salah satu rumah sakit, yang tidak memiliki keluarga di Surabaya. Dia masuk rumah sakit dan menjalani rawat tinggal selama berminggu-minggu. Dokter memberikan resep tetapi tak seorang pun yang bisa membelikan karena pasien tersebut tidak memiliki keluarga. Seorang suster yang merawatnya, membantunya dengan menelepon orang apotek untuk memesan obat sesuai dengan resep. Obat itu kemudian dikirimkan dan hebatnya meskipun dalam jumlah sedikit tetap dilayani. Itulah salah satu cara untuk memperbanyak langganan dengan cara mengirim barang yang dipesan.
Untuk Anda yang memiliki usaha toko, pengiriman yang Anda lakukan tentu saja selain dapat menaikkan omzet penjualan, dapat menarik konsumen-konsumen baru untuk membeli di toko Anda. Beritahulah konsumen-konsumen baru Anda bahwa toko Anda akan mengirim barang-barang yang telah dibeli dalam jumlah tertentu sampai kerumah. Sempatkanlah membuat spanduk di depan toko, yang artinya “Anda akan mengirim belanjaan mereka sampai dirumah". Spanduk yang Anda buat di depan toko akan menarik sekali bagi konsumen atau calon konsumen.
Memang mengirim barang belanjaan konsumen ke rumah masing-masing akan membutuhkan tenaga bila Anda sendirian. Tapi, alangkah baiknya Anda melakukan dengan seorang pegawai jika ingin omzet Anda naik melampaui target yang telah ditentukan. Membayar seorang pegawai sekaligus sebagai pengirim barang, memang menambah cash expenses Anda, tapi bila diimbangi dengan kenaikan omzet penjualan maka cash expenses yang keluar akan menjadi seimbang atau mungkin lebih menguntungkan.


---------------------------------------------------------
Website Raja Rak Minimarket yang lain : 

Posting Komentar

Rak Minimarket

[Rak Minimarket][carousel1][#e74c3c]

Rak Gudang

[Rak Gudang][carousel1][#8e44ad]

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan.
Diberdayakan oleh Blogger.