buka usaha minimarketBerapa modal yang harus disiapkan untuk memulai usaha minimarket? Banyak pengusaha perseorangan, bukan dari perusahaan franchise, yang menghendaki modal minimal dan kepraktisan, akan membuka sebuah mini market yang menggunakan sistem franchise. Kita hanya perlu mengajukan surat permohonan kerja sama, persyaratan tempat usaha sesuai standard mereka dan karyawan. Bila disetujui, kita bisa segera membuka sebuah mini market dengan sistem franchise.

Produk dan seluruh sistem pengoperasian mini market hingga komisi akan diatur oleh sistem perusahaan. Tetapi bila memiliki modal yang lumayan besar, katakanlah di atas Rp100 juta, disarankan membuka usaha mini market sendiri.

Awalnya silahkan menghitung biaya yang akan dikeluarkan tiap meter persegi. Pengamat Keuangan Redmond Medan, Mariana mengatakan, rasio investasi sebuah minimarket mulai dari Rp 3 – Rp 5 juta per meter persegi. Dengan demikian jika ingin membuka usaha minimarket dengan luasan 50 meter persegi setidaknya modal yang diperlukan diluar bangunan adalah Rp 150-250 juta yang berisi 20 rak.

Langkah berikutnya yang harus dimiliki pebisnis yang ingin memiliki minimarket adalah mutlak harus memiliki tempat usaha diluar modal. Idelnya luas minimarket mulai dari 50 m2 sampai 150 m2. Meskipun hanya memiliki ruko atau tempat usaha hanya 50 m2, namun upayakan lebar bagian depan tempat usaha tidak kurang dari 5 meter. Yang membedakan mini market dengan supermarket besar adalah jumlah orang yang lalu lalang di kawasan tersebut. Sebab 80 persen pengunjung minimarket adalah orang pejalan kaki, sehingga cari lokasi yang mudah dijangkau pejalan kaki. Pastikan lokasi usaha yang akan dibangun minimarket tersebut berada di kawasan stratagis seperti ruko kompleks perumahan, pinggir jalan yang ramai atau sepanjang jalar masuk menuju kompleks perumahan.

Lalu cari lokasi usaha. Ini yang penting. Kecil saja, tidak harus lokasi yang luas atau besar. Kalau lokasi rumah strategis, bisa dibangun di rumah. Atau juga bisa menyewa bangunan atau ruko yang agak besar di tengah kota. Lalu direnovasi dan didesain sedemikian rupa hingga menarik. Jangan lupa sebuah hal penting, yaitu lahan parkir. Tidak harus besar, tetapi cukup nyaman dan aman untuk parkir kendaraan. (as/tribunnews)

---------------------------------------------------------
Website Raja Rak Minimarket yang lain : 

Posting Komentar

Kontak Kami

Silakan kunjungi halaman Kontak Atau kirimkan permintaan di formulir ini, Marketing kami akan segera menghubungi anda. Mohon sertakan URL produk yang ditanyakan di kolom pesan. [contact/]
Diberdayakan oleh Blogger.